Kamis, 21 Agustus 2014

Ragam Jenis Jajanan Pasar



1. Onde-onde

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak jaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.



2. Risoles

hampir mirip dengan kroket,hanya ini memiliki kulit pembungkus,isinya hampir sama dengan kroket.



3. Kroket

Kroket adalah nama sebuah makanan yang dipungut dari bangsa Belanda di Indonesia tetapi diambil dari Perancis.

Di Belanda, kroket adalah sebuah makanan yang terdiri dari ragout yang dilapisi dengan putih telur dan tepung panir lalu digoreng.

Di Indonesia, biasanya kroket adalah gumpalan pure kentang berisi daging cincang yang dibumbui dan dicampur dengan sayuran seperti wortel atau buncis. Kroket dilumuri kocokan telur dan tepung panir sebelum digoreng di dalam minyak goreng yang banyak.



4. Lemper

Lemper adalah sebangsa penganan yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam, dan terbungkus oleh daun pisang.

Penganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar. Pembuatan lemper mencakup persiapan daging ayam dan mengetim ketan (bisa dengan santan). Selanjutnya, daging ayam yang sudah disuwir dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang, selanjutnya dikukus.



5. Pisang Molen

Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng.



6. Pastel

Pastel merupakan makanan yang tidak asing buat sebagian besar penduduk Indonesia,bahkan di Luar Negeri juga ada loh pastel.

Ada beberapa jenis pastel,pastel kering,pastel basah,pastel tutup.Isinya pun beraneka ragam,tergantung selera dari si pembuatnya.



7. Klepon

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.



8. Nagasari

Nagasari adalah kue yang berasal dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus. Selain bahan yang disebut diatas, nagasari sering juga dimasak dengan daun pandan, yang menjadi sebab harumnya yang khas.




9. Kue lapis
Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.

Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).



10.Getuk Lindri

Jajan pasar yang berbahan dasar singkong ini sering kita temukan di pasar-pasar tradisional di daerah kita masing-masing. Kue ini biasanya disajikan bersama urap kelapa.



11. Sentiling

Jajanan pasar yang berbahan dasar singkong ini sering kita temukan dalam nuansa warna-warni yang indah dan ceria. Kadangkala penyajiannya yang ditusuk-tusuk menyerupai sate membuat tampilan Sentiling lebih unik dan modern.



12. Putu ayu

Kue tradisional yang satu ini memang tidak pernah lekang dimakan waktu. Warnanya hijau cerah dengan topping parutan kelapa membuatnya tampil unik sekaligus menggoda. Sekali gigit rasa manis bercampur gurihnya benar-benar bikin ketagihan.



13.Jentik Manis
Ini jajanan yang termasuk unik.bentuknya agak lembek,berisi sagu mutiara warna-warni,sama santan,dibungkus pake plastik.Rasanya manis banget.


14. Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.

Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.



15. Kue ku

Kue ku yang berbentuk kura-kura ini menjadi favorit tiap orang. Adonan kulitnya yang mulur lembut dengan isi adonan kacang hijau yang lembut dan legit pula. Kecuali itu kura-kura juga diyakini sebagai lambang kesetiaan dan kesabaran.



16. Pukis

Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan.



17. Arem-arem

Arem-arem merupakan penganan serupa lemper, yaitu nasi berisi sayuran atau sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem popular sebagai penganan pengganti sarapan. Biasanya ukurannya dibuat lebih besar daripada lemper.



18.Carabikang

Makanan kecil yang termasuk salah satu jajanan pasar yang terbuat dari telur & krim, rasanya manis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar