Selasa, 12 Agustus 2014

Ragam Jenis Coklat

Couverture       
Coverture adalah coklat terbaik, dengan kandungan mentega cocoa. Kadang disebut chocolate coating. Coverture tersedia dalam bentuk bittersweet, semisweet, putih, dan cokelat susu. Sangat bagus untuk celupan karena sangat cair ketika meleleh. Biasanya digunakan di pesta-pesta untuk air terjun coklat.
Coklat Premium
Biasanya mengandung sekitar 50-70% coklat padat. Karena mengandung lebih sedikit gula dan mungkin juga sedikit minyak nabati, coklat pekat ini mengandung lebih sedikit kalori dari produk coklat pada umumnya.
Cocoa Butter/Mentega Coklat
Bentuknya seperti pasta kental, terbuat dari lemak coklat 50%, ditambah gula, flavor, dan bahan pengental. Biasanya digunakan untuk membuat ice cream atau aneka dessert.
 Chocolate Pasta/Pasta Coklat
Terbuat dari ekstrak coklat, bentuknya cairan kental dan dijual dalam kemasan botol. Sering digunakan sebagai pemberi aroma pada kue, cake, pudding, dan minuman.
Meises/Rice Chocolate
Meises merupakan produk coklat yang dibuat campuran bubur coklat atau padatan coklat murni, lemak coklat, atau minyak goreng, gula, susu, essens, dan lesitin. Biasanya digunakan sebagai taburan roti dan hiasan kue. Bentuknya seperti beras dengan aneka warna.
Coklat Pahit (Bitter Chocolate)
Coklat pahit batangan merupakan cokelat (tanpa pemanis) yang tidak mengandung gula dan sering digunakan dalam membuat masakan. Coklat ini banyak dimanfaatkan sebagai campuran kue sehingga sering disebut “baking chocolate”. Padatan coklat ini merupakan bahan baku pembuatan cooking chocolate (cokelat masak), kandungan kalorinya per 100 gram adalah 504 kalori.
 Coklat Masak
Coklat masak atau cooking chocolate terdiri dari gula, essens, lesitin, susu atau sering disebut sebagai chocolate compound.
Dark Chocolate
Dark chocolate (coklat hitam) rasanya lebih pekat, warnanya lebih gelap, dan lebih banyak kandungan komponen kimia yang berkhasiat bagi kesehatan. Dark chocolate merupakan cokelat murni tanpa kandungan susu. Coklat ini mengandung 15% coklat cair, bubuk coklat, dan minyak coklat.
Semi Sweet Chocolate
Coklat ini merupakan dark chocolate yang telah ditambahkan mentega cocoa dan gula. Semisweet agak manis dan sering digunakan untuk membuat dessert. Coklat ini biasanya disebut juga sebagai Dark Cooking Chocolate (coklat masak pekat), dan mengandung lemak coklat sebanyak 27%.
Sweet Chocolate
Coklat manis (sweet chocolate) memiliki kandungan lemak coklat yang hampir sama dengan semi sweet chocolate, tetapi gula yang dibubuhkan lebih banyak. Biasanya digunakan untuk menghias cake dan sajian kue.
Coklat Susu
Milk chocolate mengandung sedikitnya 12% susu, 25% cocoa, dan banyak gula. Coklat susu sangat disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan lembut. Coklat ini mudah hangus saat dilelehkan. Coklat susu mengandung antioksidan terendah karena terbuat dari susu, gula, dan bahan tambahan lain yang ditambahkan dalam cokelat liquor.
Coklat Putih
Coklat putih (white chocolate) bukanlah coklat karena sama sekali tidak mengandung cocoa. White chocolate terbuat dari gula, minyak cokelat, susu, lesitin, dan vanilli. Jika di dalamnya tidak ditambahkan minyak coklat, maka campuran itu dinamakan coating. Coklat putih banyak digunakan sebagai pelapis kue dan sebagai hiasan.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar