Selasa, 12 Agustus 2014

Ragam Jenis Resep Kue

Resep kue di Indonesia memiliki berbagai ragam jenis yang khas dan selalu diminati pencinta kuliner. Di Indonesia, kue dapat diartikan sebagai penganan atau makanan kecil yang dapat dikonsumsi sebagai makanan selingan. Jenis makanan ini biasanya digunakan sebagai makanan selingan di saat jam makan atau sebagai bekal ke kantor atau sekolah. Selain itu, kue juga biasanya disajikan sebagai hidangan pada acara tertentu seperti pesta, selamatan, atau sekedar sebagai teman di saat minum teh. 

Ragam jenis resep kue dapat sangat bervariasi sesuai dengan ciri khas asal negara atau daerahnya. Di Indonesia sendiri, resep kue umumnya dikelompokkan berdasarkan karakteristik teksturnya yaitu; resep kue basah dan resep kue kering. Sesuai dengan jenisnya, pembagian ini dilihat dari tekstur kue, jika tekstur kue basah/lembab maka disebut dengan kue basah. Sedangkan jika teksturnya kering maka disebut kue kering, selain itu kue kering juga biasanya diolah dengan teknik digoreng dan dibakar. 

Untuk pembuatan berbagai resep kue, diperlukan berbagai jenis bahan dasar. Pengelompokkan bahan dasarresep kue di Indonesia sangat berbeda dengan resep kue negara lainnya seperti resep kue oriental atauresep kue modern atau resep kue kontinental. Bahan pembuatan bagi resep kue Indonesia dikelompokkan menjadi:


Bahan pokok

Bahan pokok adalah bahan utama dari sebuah kue. Pada resep kue Indonesia biasanya bahan ini terdiri dari umbi-umbian, padi-padian, kacang-kacangan dan buah-buahan. Penggunaan bahan-bahan pokok ini biasanya tergantung dari hasil alam daerah asal kue.

Bahan cair

Bahan cair adalah bahan yang berbentuk cairan yang digunakan dalam suatu adonan dalam sebuah resep kue. Cairan digunakan dalam berbagai macam dan cara. Contoh bahan cair dalam berbagai resep kue antara lain adalah; air putih, air kelapa dan santan.

Bahan penambah rasa, warna dan aroma

Bahan penambah berguna dalam membuat kue menjadi lebih lezat, nikmat dipandang dan mengundang selera. Bahan penambah rasa yang umum digunakan adalah berupa gula putih atau gula pasir, gula merah, garam, telur, vanila, pandan wangi, kayu manis atau buah-buahan. Sedangkan sebagai penambah aroma yang biasa digunakan adalah dari kunyit dan tumbuh-tumbuhan seperti bunga atau daun-daunan.

Bahan-bahan lain

Bahan-bahan lain adalah bahan-bahan pendukung lainnya dalam pembuatan kue. Bahan-bahan lain ini yaitu antara lain seperti tepung, bubuk coklat, bubuk merang, angkak atau pewarna sintetis.

Dengan berbagai jenis bahan yang beragam, maka tidak mengherankan jika saat ini telah terdapat ratusan resep kue di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing.

Sebaliknya, jika kita memasaknya dengan mengukus atau merebus, sifat tepungnya yang elastis justru akan menghasilkan jajanan lembut dan legit. Beberapa contoh jajanan dari tepung beras yang dikukus antara lain adalah kue lapis, putu mayang, kue putu, kue ku, dll.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar