Selasa, 12 Agustus 2014

Ragam Jenis Resep Kue & Resep Roti



v Resep Kue
Resep kue di Indonesia memiliki berbagai ragam jenis yang khas dan selalu diminati pencinta kuliner. Di Indonesia, kue dapat diartikan sebagai penganan atau makanan kecil yang dapat dikonsumsi sebagai makanan selingan. Jenis makanan ini biasanya digunakan sebagai makanan selingan di saat jam makan atau sebagai bekal ke kantor atau sekolah. Selain itu, kue juga biasanya disajikan sebagai hidangan pada acara tertentu seperti pesta, selamatan, atau sekedar sebagai teman di saat minum teh. 
Ragam jenis resep kue dapat sangat bervariasi sesuai dengan ciri khas asal negara atau daerahnya. Di Indonesia sendiri, resep kue umumnya dikelompokkan berdasarkan karakteristik teksturnya yaitu; resep kue basah dan resep kue kering. Sesuai dengan jenisnya, pembagian ini dilihat dari tekstur kue, jika tekstur kue basah/lembab maka disebut dengan kue basah. Sedangkan jika teksturnya kering maka disebut kue kering, selain itu kue kering juga biasanya diolah dengan teknik digoreng dan dibakar. 
Untuk pembuatan berbagai resep kue, diperlukan berbagai jenis bahan dasar. Pengelompokkan bahan dasarresep kue di Indonesia sangat berbeda dengan resep kue negara lainnya seperti resep kue oriental atauresep kue modern atau resep kue kontinental. Bahan pembuatan bagi resep kue Indonesia dikelompokkan menjadi:
Bahan pokok adalah bahan utama dari sebuah kue. Pada resep kue Indonesia biasanya bahan ini terdiri dari umbi-umbian, padi-padian, kacang-kacangan dan buah-buahan. Penggunaan bahan-bahan pokok ini biasanya tergantung dari hasil alam daerah asal kue.
Bahan cair adalah bahan yang berbentuk cairan yang digunakan dalam suatu adonan dalam sebuah resep kue. Cairan digunakan dalam berbagai macam dan cara. Contoh bahan cair dalam berbagai resep kue antara lain adalah; air putih, air kelapa dan santan.
Bahan penambah rasa, warna dan aroma berguna dalam membuat kue menjadi lebih lezat, nikmat dipandang dan mengundang selera. Bahan penambah rasa yang umum digunakan adalah berupa gula putih atau gula pasir, gula merah, garam, telur, vanila, pandan wangi, kayu manis atau buah-buahan. Sedangkan sebagai penambah aroma yang biasa digunakan adalah dari kunyit dan tumbuh-tumbuhan seperti bunga atau daun-daunan.
Bahan-bahan lain adalah bahan-bahan pendukung lainnya dalam pembuatan kue. Bahan-bahan lain ini yaitu antara lain seperti tepung, bubuk coklat, bubuk merang, angkak atau pewarna sintetis.
Dengan berbagai jenis bahan yang beragam, maka tidak mengherankan jika saat ini telah terdapat ratusan resep kue di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Sebaliknya, jika kita memasaknya dengan mengukus atau merebus, sifat tepungnya yang elastis justru akan menghasilkan jajanan lembut dan legit. Beberapa contoh jajanan dari tepung beras yang dikukus antara lain adalah kue lapis, putu mayang, kue putu, kue ku, dll.

v Ragam Jenis Resep Roti
Resep roti adalah resep dari jenis makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan air yang difermentasikan oleh ragi. Roti sudah populer sebagai salah satu makanan pokok di banyak negara Barat. Namun belakangan ini, makanan yang memiliki karbohidrat tinggi ini juga mulai populer di Indonesia dan bahkan telah menjadi makanan pokok bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat modern dan kalangan remaja serta anak-anak. 
Seperti yang sudah disebutkan, bahan utama dalam resep roti adalah tepung terigu dan air. Namun tidak semua jenis tepung terigu bisa digunakan dalam mengolah sebuah resep roti. Jenis terigu yang umum digunakan dalam mengolah resep roti adalah tepung terigu dengan kandungan gluten atau protein yang tinggi. Hal ini berguna agar adonan dari resep roti tersebut dapat mengembang sempurna dan empuk. 

Seiring dengan kemajuan teknologi manusia selain dari terigu dan air, bahan-bahan resep roti pun berkembang dan bertambah untuk menambahkan kadar protein dan rasa-rasa tertentu. Tambahan bahan-bahannya antara lain telur, garam, gula, mentega, minyak, ragi roti dan soda kue. Bahan-bahan resep rotiini berfungsi untuk mendapatkan roti yang mengembang sempurna, lembut, dan tentunya lezat. 
Jenis roti saat ini sangat beragam, begitu juga dengan resep roti. Berbagai rasa dan jenis roti dibarengi dengan perkembangan dunia kuliner menjadikan resep roti makin bervariasi dengan isi dan jenisnya. Secara umum saat ini roti dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu roti tawar, roti manis dan roti isi. 

Roti tawar Sesuai dengan namanya, roti ini memiliki rasa tawar. Biasanya roti jenis ini digunakan sebagai roti sandwichatau dapat juga dikonsumsi dengan tambahan olesan selai atau mentega. Resep roti jenis ini biasanya tidak banyak menggunakan gula. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap akhir resep roti ini adalah jangan potong roti saat masih panas, melainkan tunggu dingin terlebih dahulu.
Roti manis Untuk menghasilkan rasa manis, resep roti jenis ini menggunakan gula lebih banyak dari resep roti lainnya. Rasa manis pada jenis roti bukan hanya dapat diperoleh dari gula, ada beberapa olahan resep roti jenis ini yang juga menambahkan rasa manis dari buah-buahan atau bahan makanan lainnya yang memiliki cita rasa manis.
Roti isi Resep roti jenis ini pada dasarnya sama dengan resep roti biasa lainnya. Hal yang membedakannya adalah pada resep isiannya yang dapat dikreasikan sesuai selera. Saat ini roti isi yang populer adalah roti isi coklat, keju, srikaya, dan daging. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar