Jumat, 24 Oktober 2014

Tips Bedanya Microwave & Oven



Hasil gambar untuk microwave

Microwave

  1. Microwave yang digunakan sehari-hari atau lebih tepat jika disebut microwave oven, yakni oven yang menggunakan gelombang mikro.
  2. Prinsip kerjanya menggunakan gelombang mikro, melibatkan suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu oven. Perbedaannya bisa mencapai ± 50ยบ C. 
  3. Awalnya microwave hanya untuk menghangatkan makanan saja. Tapi seiring berjalannya waktu, ada beberapa jenis microwave yang bisa dipakai untuk mematangkan makanan, menggoreng, dan memanggang. Namun hasilnya tidak bisa renyah dan berwarna kecokelatan seperti hasil dari oven.  

Hasil gambar untuk oven
Oven

  1. Oven biasa yang sering dipakai memanggang kue adalah conventional oven conventional oven, yakni oven biasa yang memiliki elemen pemanas di dalamnya. 
  2. Kini, ada yang lebih canggih bernama convection oven (oven konveksi). Sama dengan oven biasa tapi memiliki kipas di dalam rongga oven untuk mengalirkan udara panas. 
  3. Adanya kipas membuat panas teralirkan secara konveksi melalui perantara udara yang bergerak merata ke dalam seluruh elemen pemanas oven. Jenis oven konveksi akan mematangkan makanan lebih cepat karena suhu konsisten.
  4. Prinsip kerjanya merubah energi gas atau listrik menjadi panas yang kemudian tersebar ke seluruh elemen pemanas di dalam oven.
  5. Sejak pertama kali ditemukan, fungsinya konsisten yakni mematangkan makanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar