Selasa, 18 November 2014

Tips 4 Kunci Sukses Membuat Cake Yang Dioven

Kerap gagal saat membuat cake yang dioven? Jangan keburu putus asa. Membuat cake memang dibutuhkan kesabaran dan latihan terus menerus.
Mencegah cake kembali gagal, baca beberapa tips penting yang merupakan kunci sukses membuat cake oven seperti dilansir Saveur berikut ini.
Tepung pilihan
Tidak salah memang membuat cake dengan menggunakan tepung all purpose (umumnya yang dipakai adalah Segitiga Biru). Namun, untuk hasil terbaik yang Anda butuhkan adalah tepung khusus untuk cake.
Cake flour, demikian biasa disebut, memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat cake yang dihasilkan jadi lebih cantik. Rendah kandungan gluten, tepung ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada tepung biasa.
Menggunakan tepung ini akan memberikan hasil cake yang lembut dan menawan.
Bahan suhu ruang
Menjaga temperatur bahan-bahan sesuai dengan suhu ruang adalah trik terbaiknya. Terutama untuk bahan susu, mentega dan telur, semua harus bersuhu ruang.
Menggunakan bahan-bahan yang masih dingin (baru saja disimpan di lemari es) akan membuat cake jadi keras dan bantat. Sebagian orang mengakalinya dengan memanaskan sejenak di microwave, namun tentu saja resiko bahan overcooked juga mengintai.
Misalnya saja telur, apabila dipanaskan di microwave terlalu lama, bisa-bisa ia malah matang dan gagal dipakai. Jadi, disarankan mendiamkan di suhu ruang terlebih dahulu, atau merendam dengan air hangat.
Trik mengaduk bahan
Mencampur dan mengaduk bahan untuk cake juga sebaiknya tidak terlalu lama. Ketika Anda tahu bahwa semua bahan sudah tercampur, gunakan kecepatan tinggi selama 5 detik untuk membuat semua bahan jadi moist. Selanjutnya Anda tinggal menuangkannya ke dalam loyang.
Apabila dikocok terlalu lama, cake akan bantat dan keras.
Hilangkan gelembung
Gelembung-gelembung pada cake bisa menciptakan lubang yang besar pada cake dan membuatnya kurang cantik. Jatuhkan loyang dari ketinggian 10 cm sehingga gelembungnya bisa keluar, terutama untuk jenis-jenis cake yang menggunakan baking soda dan baking powder.
Mengikuti trik di atas, niscaya Anda bisa mendapatkan cake yang cantik dan lezat dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar