Minggu, 23 November 2014

Apa Itu Latte Art




Latte art adalah pola dekoratif yang dibuat dari busa susu di atas latte atau minuman espresso lainnya. Busa putih dari susu dapat dimanipulasi ke dalam espresso untuk membuat pola berputar, dan bahkan kata-kata sederhana. Minuman espresso, termasuk latte, mocha dan cappuccino, sangat cocok untuk latte art


Latte adalah minuman kopi yang dibuat dengan espresso, susu steam dan busa. Minuman ini biasanya terdiri dari satu atau lebih espresso shot, susu steam dan lapisan busa di atasnya, serta susu yang membentuk volume utama minuman. Sedangkan cappuccino terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu dan sepertiga busa, komponen yang sama seperti latte tetapi dalam proporsi yang berbeda. Mocha mirip dengan latte, tapi ditambah cokelat. Sirup rasa seperti karamel, mint atau berry juga dapat ditambahkan ke latte, mocha atau cappuccino. 

Saat proses mengukus, ketika susu dingin menjadi panas, terbentuklah busa. Kualitas busa sangat penting untuk membuat latte art. Ada anggapan bahwa membuat minuman espresso adalah sebuah seni, dan susu steam merupakan komponen utama. Minuman ini harus berbusa dan lembut tapi tidak penuh gelembung besar. Mendapatkan busa yang tepat memerlukan latihan dan praktek menggunakan mesin espresso yang memiliki tuas steam

Ketika membuat latte artespresso shot dituangkan ke dalam cangkir, dikombinasikan dengan cokelat atau perasa lain yang diinginkan. Susu berbusa dituangkan setelahnya. Busa dapat ditata dengan sendok besar. Seorang barista terampil dapat menuangkan susu dari bawah busanya dengan menyesuaikan sudut wadah susu. 

Menambah busa adalah saat-saat menciptakan komponen latte art. masuk Dengan memanipulasi aliran terakhir susu berbusa dari wadah, barista bisa membuat pola atau gambar di atas latte. Kontras antara warna coklat espresso dan warna putih busa susu menciptakan bentuk pola. Daun, hati, pohon Natal, salju dan spiral merupakan contoh umum latte art, dan masih banyak pola yang lebih rumit sesuai dengan keterampilan dan kreativitas barista. 

Ada juga lomba latte art, dimana barista terbaik datang untuk menampilkan keterampilan dan kreativitas mereka. Para pesaing dinilai berdasarkan kompleksitas dan estetika desain akhir mereka serta waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Latte art dan kompetisi latte art telah menjadi inspirasi bagi budaya kopi. Bahkan ada Worl Latte Art Championship dimana para barista terbaik di dunia datang berkumpul untuk bersaing satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar