Minggu, 23 November 2014

Apa Itu Infused Water

Salah satu trend gaya hidup sehat yang sedang digemari banyak orang saat ini adalah“Infused Water”. Infused water adalah air putih yang ke dalamnya ditambahkan rasa dan aroma buah-buahan segar dengan cara perendaman dan pendiaman secara bersama-sama dalam waktu tertentu. Proses perendaman dan pendiaman yang dilakukan pada suhu rendah menghasilkanInfused Water lebih segar dibandingkan air putih biasa.
Membuat infused water tidaklah sulit. Kita bisa menyiapkannya sendiri di rumah atau di kantor dari satu atau beberapa jenis buah-buahan yang tersedia. Hanya saja buah-buahan yang bercita rasa masam dan manis banyak dipilih karena menghasilkan aroma dan rasa yang lebih menyegarkan. Buah-buahan seperti lemon, jeruk, mentimun, anggur, belimbing, strawberry bisa dipilih untuk membuat infused water. Sebaliknya buah-buahan berdaging lunak seperti pepaya, pisang dan semangka tidak dianjurkan untuk digunakan. Bukan karena kandungan gizinya namun tekstur buah-buahan tersebut mudah hancur jika direndam dalam air dalam waktu yang lama. Buah apel juga kurang baik digunakan untuk membuat infused water karenda daging buahnya akan cepat teroksidasi setelah diiris.

13987365972023555057

Berbagai jenis buah bisa digunakan untuk menyiapkan Infused Water. Namun buah-buahan berdaging lunak dan mudah teroksidasi seperti apel kurang baik digunakan.
1398736756767250778
Buah-buahan yang sudah dicuci siap untuk diiris.

Infused water bisa dibuat dari satu jenis atau beberapa jenis buah-buahan. Yang harus dilakukan pertama adalah mencuci buah-buahan hingga bersih lalu memotongnya dalam ukuran yang tidak terlalu kecil. Satu buah anggur atau strawberry bisa dipotong menjadi 2 bagian. Mentimun diiris melintang, sementara lemon atau jeruk bisa dikupas satu persatu atau diiris bulat melintang. Buah-buahan yang biasa dikonsumsi bersama kulitnya seperti anggur dan strawberry tidak harus dikupas terlebih dahulu.
Selanjutnya potongan buah-buahan tersebut segera dimasukkan ke dalam gelas atau wadah kaca yang sebelumnya sudah diisi dengan air putih atau air mineral. Jika buah-buahan yang digunakan dominan bercita rasa masam, kita bisa menambahkan gula pasir yang sudah dicairkan. Tutup wadah kaca dan masukkan ke dalam kulkas selama 5-6 jam.

13987368351372032301
Potongan buah-buahan dimasukkan ke dalam wadah kaca berisi air putih untuk selanjutnya didiamkan di dalam kulkas.

Selama perendaman dan pendiaman di dalam kulkas akan terjadi aliran senyawa metabolit dari buah-buahan ke dalam air hingga bercampur menghasilkan rasa dan aroma buah. Rasa dan aroma tersebut tidaklah terlalu kuat karena ekstraksi sari buah yang dilakukan menggunakan air tidak menarik banyak senyawa dari dalam buah dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu potongan buah-buahan yang digunakan sebaiknya berjumlah banyak agar intensitas rasa dan aroma yang dihasilkan cukup. Namun perpindahan senyawa dari dalam buah secara perlahan tersebut memang sesuatu yang diharapkan dari infused water supaya bisa “diisi ulang”.
Setelah 5-6 jam Infused Water bisa dikeluarkan dari kulkas dan siap untuk diminum. Untuk mendapatkan sensasi kesegaran dan rasa buahnya yang nikmat, infused water sebaiknya diminum dengan segera. Jika air yang digunakan cukup banyak kita bisa memindahkannya sebagian ke dalam gelas.

1398736925338307295
Segarnya Infused Water setelah didiamkan di dalam kulkas siap untuk diminum. Sementata perpaduan cantik buah-buahan di dalamnya menambah selera untuk segera meminum airnya.

Asyiknya meminum Infused Water adalah bisa diisi ulang dengan menambahkan lagi air putih ke dalam potongan buah lalu disimpan kembali di dalam kulkas. Dengan demikian Infused water berikutnya bisa kita minum kemudian. Namun Infused Water sebaiknya hanya diisi ulang untuk keperluan 24 jam atau selama buah-buahan di dalamnya masih segar. Jika menghendaki sekali minum, potongan buahnya sekalian bisa dimakan.
Infused Water terasa sangat segar karena pendinginan dan rasa buah yang bercampur dengan air putih. Jika tidak ingin terlalu dingin, Infused water bisa didiamkan sesaat di luar kulkas sebelum diminum. Namun pada dasarnya Infused water disajikan sebagai minuman dingin tanpa es.
Selain mendapatkan kesegaran air putih dengan rasa buah, kita juga bisa mendapatkan manfaat dari khasiat buah-buahan yang digunakan. Infused Water bisa menjadi pilihan mereka yang sedang dehidrasi karena kelelahan, sariawan, gangguan tenggorokan atau hanya ingin menikmati sensasi meminum air putih dan buah secara bersamaan.
1398737059712898879
Infused Water, cara baru meminum air putih sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dari buah-buahan.
Infused water bisa menjadi alternatif bagi mereka yang kurang suka meminum air putih namun ingin memulai gaya hidup sehat. Sementara bagi yang suka buah-buahan, Infused water bisa menjadi selingan cara mengkonsumsi buah-buahan yang asyik. Jika bosan mengolah buah-buahan sebagai jus atau minuman blend, Infused Water patut dicoba. Satu lagi, karena penampilannya yang menarik, Infused water juga cantik untuk “dijepret” dan dibagikan ke media sosial sebelum diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar