Sabtu, 15 November 2014

Ragam Jenis Dasar Membuat Cake

Pada dasarnya cake bisa dibuat dengan berbagai variasi bahan dan dengan berbagai 

metode pula. Itulah sebabnya ada cake yang bertekstur kasar, lembut, chewy, crunchy, 

dan seterusnya. Akan tetapi secara garis besar, ada empat teknik dasar pembuatan cake, 

yaitu:

  • Teknik Sponge Cake
    Untuk membuat cake dengan teknik Sponge, pertama-tama telur dikocok hingga berbusa, lalu masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus dengan menaikkan kecepatan secara bertahap sampai mengembang. Setelah itu tepung terigu diayakkan di atas adonan, lalu diaduk menggunakan spatula. Bersama tepung terigu ini disertakan juga bahan kering lainnya seperti baking powder, soda kue, vanili bubuk, garam dan lain-lain. Baru kemudian ditambahkan margarin cair, disusul bahan-bahan cair lainnya seperti coklat masak, susu kental manis, atau yang lainnya. Pengadukan tidak perlu terlalu lama, asal rata saja.
  • Teknik Butter Cake
    Untuk membuat cake dengan teknik Butter, sebaiknya digunakan gula kastor (gula pasir yang butirannya sangat halus). Hal ini untuk mempermudah saja, sebab langkah pertamanya adalah mengocok margarin bersama gula sampai gula hancur. Berikutnya ditambahkan telur, cukup setengah saja dari jumlah yang digunakan. Masukkan satu persatu supaya lebih mudah rata. Setelah itu, sisa telur bisa dimasukkan bergantian dengan tepung terigu. Pengocokan tidak boleh dilakukan terlalu lama agar tepung tidak elastis (mengaret) seperti roti dan cake tidak banyak remahnya.
  • Kombinasi antara Teknik Sponge Cake dan Butter Cake
    Pada teknik kombinasi, margarin dan sebagian gula dikocok bersamaan hingga gula hancur. Sisa gula dikocok bersama telur di tempat terpisah. Tepung kemudian bisa dimasukkan ke dalam kocokan margarin lalu dicampur dengan telur yang sudah mengembang, atau tepung masuk dulu ke dalam adonan telur, setelah rata baru dimasukkan kocokan margarin. Kita bisa menggunakan cara ini untuk membuat bolu gulung yang padat namun lentur (tidak mudah patah saat digulung).
  • Chiffon Cake       
    Teknik Chiffon Cake prosedurnya agar unik. Kuning telur diaduk dengan bahan-bahan lainnya. Sementara si putih telur dikcok kaku bersama sedikit gula pasir. Baru kemudian keduanya digabungkan. Pembuatan kue ini tidak menggunakan margarin, tetapi minyak sayur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar