Selasa, 16 Desember 2014

Tips 5 Jenis Junk Food


Junk food sering kita anggap sebagai makanan “sampah” yang mengandung banyak lemak dan buruk untuk tubuh kita. Junk food sebenarnya adalah makan rendah gizi yang mengandung banyak lemak. Ada 5 jenis makanan yang dikategorikan sebagai junk food oleh World Health Organization (WHO). 


Gorengan
Gorengan merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori dan kandungan minyak yang tinggi. Kalau kita konsumsi cukup sering, gorengan dapat menyebabkan kegemukan dan penyakit jantung koroner.



Makanan kalengan
Daging kalengan ataupun bahkan buah kalengan juga termasuk dalam makanan junk food, karena kandungan gizi dan vitamin yang terdapat di dalam daging dan buah tersebut sudah banyak dirusak. Kandungan protein alaminya sudah mengalami perubahan sifat, ini yang membuat nilai gizi darimakanan kalengan sudah jauh berkurang dibandingkan daging atau buah yang masih segar.




Asinan
Dalam proses pengasinan makanan, dibutuhkan jumlah garam yang cukup banyak. Penambahkan jumlah garam yang signifikan ini mengakibatkan kandungan garam dalam makanan tersebut melewati batas dan bisa nemambah beban kerja ginjal kita. Kita yang suka mengkonsumsi asinan bisa mengakibatkan hipertensi.



Makanan daging yang diproses
Contoh makanan dari daging yang diproses antara lain ham, sosis, daging burger, dan masih banyak lagi. Makanan ini mengandung garam rendah nutrisi yang bisa mengakibatkan kanker. Lagipula, daging yang telah diproses ini banyak mengandung pengawet atau pewarna yang membuat hati kita bekerja lebih keras, dan ini akan membahayakan tubuh kita lho.



Makanan dari daging berlemak atau jeroan
Meski daging memiliki protein dan vitamin yang baik untuk tubuh kita, daging yang berlemak dan jeroan justru menganduk lemak yang jahat dan kolesterol yang bisa menyebabkan kita mengidap penyakit jantung. Apalagi kalau kita makan jeroan dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Ini bisa mengakibatkan jantung koroner, tumor ganas, kanker payudara dan lainnya.




Jadi, sebelum terlambat, pilih makanan yang sehat dan sebisa mungkin hindari makanan olahan. Karedok, gado-gado dan salad bisa jadi pilihan yang baik. Selain sehat untuk kita, bisa menurunkan berat badan juga lho! So, keep healthy and be happy! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar