Selasa, 02 Desember 2014

Apa Itu Saffron

Apa Itu Saffron? Femina



Saffron adalah jenis rempah kering yang didapat dari putik bunga Crocus sativus asal Mediterania. Rempah bumbu ini umumnya digunakan di dapur Eropa, Timur Tengah, dan Asia, khususnya India (Kashmir) dan Iran. Selain memberikan warna jingga keemasan, saffron juga menyumbang aroma khas pada kari, berbagai hidangan nasi, atau dessert. Meski begitu, penggunaannya tetap harus dibatasi, karena jika berlebihan dapat menimbulkan rasa pahit. Jika tidak ada, dapat diganti dengan kunyit atau pewarna kuning makanan. 






Jika digunakan berlebihan maka saffron akan memberikan rasa sedikit getir. Rasa getir dan aroma yang mirip dengan rumput kering ini karena saffron mengandung bahan kimia picrocrocin dan safranal. Safranamerupakan sejenis minyak dan yang memberikan rasa yang unik pada saffron. Selain itu terdapat juga kandungan pewarnacarotenoid, crocin yang memberikan warna kuning keemasan pada makanan dan kain. Saffron telah diperdagangkan dan digunakan lebih dari empat millenium dan 90% saffron dunia di suplai oleh Iran. Karena setiap benang sari harus di kumpulkan menggunakan tangan dan hanya sedikit benang sari di setiap bunga menjadikan saffron sebagai bumbu masakan termahal di dunia. Sebagai gambaran untuk menghasilkan 450 gram saffron maka diperlukan sekitar 50.000 - 70.000 bunga crocus, atau setara dengan satu buah lapangan football. Lapangan football umum digunakan sebagai satuan ukuran untuk berapa banyak saffron yang dihasilkan.

Untuk menggunakan saffron pada masakan biasanya helaian kering saffron direndam di dalam air yang panas (bukan air mendidih) selama beberapa menit hingga air rendaman berubah warna menjadi kuning keemasan. Cara ini  membuat bahan-bahan yang terkandung di dalam saffron keluar secara maksimal. Saffron lantas siap digunakan dalam aneka masakan. Saffron juga mudah kehilangan aroma dan rasanya jika tidak disimpan dengan baik, cara terbaik untuk menyimpannya adalah dengan meletaknya di dalam wadah tertutup rapat di dalam kulkas. Karena harganya yang mahal maka saya berusaha untuk menghemat penggunaanya. Salah satunya adalah dengan menggerus helaian kering saffron dengan garam dapur sehingga berubah menjadi bubuk saffron yang mudah untuk ditambahkan ke dalam masakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar