Selasa, 19 Juli 2016

Ragam Jenis Bumbu Dan Rempah Bagian 3

dibawah ini berbagai bumbu yang biasa dipakai menyiapkan makanan nasional atau asing, serta banyak dijual di supermarket:

1. all spice: gabungan aroma cengkeh kayu manis dan pala. dijual secara utuh dan gunanya untuk gravy (sauce), kaldu (stock), pickles (asinan). bumbu ini berasal dari hindia barat dan amerika.

2. anissed: termasuk golongan  peterseli atau parsley, yang terbaik kualitasnya berasal dari rusia. dijual secara utuh atau bubuk gunanya untuk membuat soup atau produk bakery.

3. cayenne pepper: bubuk rasa pedas seperti cabe berasal dari afrika, india, dan meksiko. kegunaannya untuk menyiapkan soup, stew, atau makanan ala meksiko yang dikenal pedas

4. chili powder: bubuk cabe merupakan adonan antara cabe, oregano, bawang, dan jintan. digunakan sebagai bumbu masakan meksiko.

5. paprika: bumbu khas masakan eropa timur dan rusia, berasal dari hungaria dan spanyol warnanya ada yang merah,kuning dan hijau. dijual segar dan berupa bubuk .

6. cumin: sama dengan jintan berasal dari india, iran, maroko, cina, dan indonesia. di gunakan untuk marinade, bumbu gulai, dan sayuran.

7. nutmeg: sama dengan pala dijual utuh atau bubuk, kulitnya dinamakan mace. digunakan untuk bumbu ragout, pate, bechamel sauce atau sebagai aroma tambahan untuk spaghetii atau makaroni.

8. poppyseed: bahan ini mengandung rasa kacang berasal dari timur, digunakan untuk campuran membuat roti kacang atau salad

9. sesame seed: sama dengan wijen berasal dari afrika, india dan indonesia, bijinya dibuat dari minyak wijen dinamakan minyakgoma di jepang, digunakan untuk masakan jepang, korea, dan cina.

10. cardamon: sama dengan kapulaga. berasal dari india selatan, srilangka. biasanya di gunakan untuk masakan india dan indonesia seperti gulai dan kari

11. caraway seed: baunya tajam seperti gabah pipih berasal dari jerman dan belanda digunakan untuk membuat german bread, goulash dll.

12. fennel: aromanya mirip seperti adas atau anissed, berasal dari eropa selatan termasuk keluarga peterseli kegunaanya untuk membuat pastry, soup, sweet pickles.

13. capers: biasanya dijual dalam bentuk botol dengan essence cuka digunakan utnuk campuran tar tar sauce, pate, caper sauce. berasal dari italia dan spanyol

14. saffron: termasuk bumbu mahal, warnanya merah muda atau kuning. digunakan utnu membuat bouillabaisse (french seafood stew), saffron rica, dll.

15. bay leaves: seperti daun salam. ukuranya lebih kecil dan berwarna hijau keputihan, digunakan untuk marinade, soup, sauce.

16. thyme: digunakan untuk mebuat stock, soup, stew, dan bouquet garni. berasal dari spanyol dan perancis

17. tarragon: berasal dari rusia. digunakan untuk tarragon vinegar, soup,dll.

18. basil: berasal dari eropa tengan dan asia timur. digunakan untuk masakan yang terbuat dari ikan, daging , soup, braising soup. rasanya tajam dan sedap

19. marjoram:  berasal dari italia, perancis dan jerman. digunakan untuk masakan kentang, meat farcie dll.

20. oregano: berbentuk daun berasal dari italia dan amerika dgunakan untuk pizza.minestone soup.

21.chives: di indonesia disebut kucai berbentuk seperti daun bawang tetapi sangat kecil.

22. sage: berasal dari mediteranian, dijual dalam bentuk utuh  atau digiling. digunakan untuk 
sauce , corned beef dll.

23. rosemary: berupa daun kering, pendek pendek.


24. coriander leaf atau bunga ketumbar memiliki bau yang khas



gambar ilustrasi by google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar