Selasa, 30 Desember 2014

Tips Bahan Pendukung masakan Cina

 CHINESE food adalah masakan yang cita rasanya didominasikan oleh rasa gurih dan sedikit asin. Bumbu yang digunakan tidak serumit bumbu yang dipakai pada masakan tradisional, seperti masakan dari Padang atau Jawa.

8 Bahan Pendukung Chinese Food

Bumbu yang sangat umum digunakan pada chinese food di antaranya, five spice powder atau dikenal juga dengan nama bumbu ngohiong, merica bubuk, minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan. Semua bumbu ini mudah ditemukan, baik di pasar tradisional ataupun supermarket. Ingin tahu lebih jelas? Mari kita mengenal berbagai bumbu dan bahan makanan yang kerap digunakan pada chinese food.


Five Spice Powder ( Bumbu Ngohiong )

Five spice biasa dikenal dengan nama bumbu ngohiong. Bentuknya seperti bumbu masak instan dan memiliki rasa dan aroma yang khas. Anda busa membuatnya sendiri sebab bahan pendukungnya cukup mudah didapat. Terdiri dari lima macam rempah, 0,5 sdt merica bubuk, 8 butir biji pekak, 0,5 sdt cengkih bubuk, 1 sdm kayu manis, dan 1 sdm adas bubuk. Seluruh rempah dihaluskan lalu disimpan dalam wadah tertutup agar tahan lebih lama. Bumbu ini bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat dalam kemasan botol.

Kecap Asin


Rasanya yang asin dan sedikit gurih membuat kecap asin banyak digunakan sebagai pengganti garam dalam berbagai masakan China. Bentuknya encer tidak kental seperti kecap manis dan warnanya hitam kecokelat-cokelatan. Terbuat dari kedelai yang dicampur garam dan bumbu penyedap.

Kecap Ikan


Kecap ikan adalah salah satu bahan penyedap yang banyak digunakan pada masakan China. Warnanya seperti kecap asin dengan rasa yang sedikit lebih gurih dan beraroma lebih tajam. Terbuat dari jenis ikan yang berukuran kecil, seperti ikan kembung, ikan betong, dan sebagainya sehingga kecap ikan memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih tinggi. Kecap ikan diproses dengan cara difermentasikan secara alami oleh bakteri dari ikan itu sendiri.

Saus Tiram


Saus tiram memiliki warna cokelat kehitam-hitaman. Bentuknya sangat kental mirip seperti saus tomat botolan. Rasanya asin dan gurih karena terbuat dari ekstrak tiram yang dipadu dengan berbagai rempah, garam, gula, dan bahan penyedap. Saus tiram banyak digunakan pada masakan yang bentuknya tumisan atau tidak berkuah. Biasanya dijual dalam bentuk botolan baik yang terbuat dari kaca maupun plastik. Namun, kini saus tiram sudah tersedia dalam kemasan praktis untuk satu kali pemakaian.

Minyak Wijen


Tak lengkap rasanya jika chinesse food tidak dibubuhi minyak wijen. Seperti namanya, minyak wijen memang terbuat dari wijen hitam yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi minyak. Biasanya minyak wijen, digunakan sebagai umbu rendaman atau baru dimasukkan sesaat setelah masakan matang agar aromanya yang khas tidak rusak oleh proses memasak yang lama.

Merica

Merica bukan hal yang aneh lagi. Rasa rempah yang pedas dan hangat sangat cocok dipakai dalam berbagai masakan, seperti tumisan dan sup. Ada dua jenis merica yang sering digunakan pada masakan oriental, yakni merica putih dan hitam. Perbedaan keduanya terletak pada aroma. Aroma yang dikeluarkan merica hitam lebih tajam daripada merica putih.

Bawang Putih

Meski bawang putih bukan bumbu wajib bagi sebuah masakan, tidak demikian dengan chinesse food. Bawang putih tidak pernah absen pada berbagai masakan China, baik yang berupa tumisan, gorengan, maupun sup. Rasa dan aromanya yang sangat khas mampu menambah kenikmatan setiap masakan. Sebelum digunakan, biasanya bawang putih diiris tipis, dicincang kasar, atau sekadar dimemarkan.

Kaldu Ayam

Penggunaan kaldu pada masakan oriental baik sup maupun tumisan, akan menghasilkan rasa yang lebih gurih bila dibandingkan dengan hanya menggunakan air putih biasa. Kaldu yang paling sering digunakan adalah kaldu ayam, yakni rebusan tulang ayam yang dicampur dengan sedikit bumbu, gula, dan merica, dan beberapa jenis sayuran. Kaldu yang banyak dipilih karena memiliki rasa yang dapat membaur dan cocok dalam segala jenis masakan bahkan olahan seafood sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar