Selasa, 02 Desember 2014

Apa Itu Churros



Churros, seringkali di sebut dengan donat a la Spanyol, merupakan makanan ringan/snack sejenis pastry yang digoreng, terbuat dari adonan dasar choux. Chouxsendiri merupakan adonan pastry ringan yang umum digunakan untuk membuat kue sus a la Indonesia, profiteroles, eclairs, beignets, atau crullers. Churros sangat terkenal di Spanyol, Perancis, Filipina, Portugis, Amerika Latin dan U.S. Ada dua macam tipe churros di Spanyol, jenis yang pertama umumnya tipis (terkadang dengan bentuk simpul) sedangkan yang lain berbentuk panjang, dan tebal. Churros biasanya disantap saat sarapan pagi dengan dicelupkan pada minuman coklat panas yang kental. Sebagaimana adonan choux yang saya sebutkan di atas maka adonan churros hanya terbuat dari mentega, air, tepung terigu, dan telur. Adonan churros tidak mengandung bahan pengembang seperti baking powder atau baking soda, karena adonan yang basah akan membentuk uap air yang banyak dan menggelembungkan adonan kala digoreng dengan suhu yang tinggi.  





Umumnya churros dimasak dengan cara digoreng dengan minyak yang banyak hingga menjadi garing dan renyah, kadang-kadang dengan taburan gula bubuk pada permukaannya. Hal lain yang khas dari makanan ini adalah permukaannya yang bergerigi/berlekuk hasil dari adonan yang disemprotkan melalui alat bernamachurrera, spuit kue yang memiliki ujung berbentuk bintang. Sebagaimana pretzels, maka churros umum diperdagangkan di pinggir jalan, dimana makanan ini dijual dalam kondisi masih panas. Di Spanyol dan Amerika Latin, churros biasanya selalu tersedia saat sarapan pagi di cafe-cafe, walaupun makanan ringan ini juga disantap di sepanjang hari. Karena disantap dengan lelehan coklat maka adonan churros biasanya tidak mengandung gula sebagaimana dengan kue sus yang umum kita jumpai di sini.




Okeh sekarang kita ke proses pembuatannya. Untuk membuat churros sangat mudah, sama seperti saat anda membuat kue sus, yang membedakan hanyalah adonan churros tidak dipanggang melainkan di goreng seperti ketika kita membuat donat. Sebenarnya saat adonan telah jadi dan siap kita cetak, adonan bisa langsung disemprotkan ke dalam minyak panas, namun cara ini membuat bentuk churros menjadi tidak beraturan. Karena itu ada satu cara untuk membuat tampilannya tetap menarik, adonan di semprotkan terlebih dahulu di loyang kemudian dibekukan. Setelah membeku adonan kita lepaskan dan langsung digoreng, kondisi yang beku membuat churros tetap mempertahankan bentuknya saat digoreng. Churros sedap disantap dengan taburan gula pasir dan kucuran coklat leleh, saya menggunakan susu kental manis coklat yang dikucurkan di permukaan churros. Praktis dan yummy!


Yuk langsung kita praktekkan saja ya.




Churros
Resep diadaptasikan dari web Cooking Panda - Churros and Chocolate 

Untuk sekitar 25 buah churros

Bahan:
- 250 ml air (bisa diganti susu cair)
- 113  gram mentega/margarine
- 180 gram tepung terigu protein tinggi, bisa menggunakan tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh garam
- 4 butir telur

Topping:

- susu kental manis coklat
- gula bubuk 

Cara membuat:

Siapkan loyang datar yang biasa anda gunakan untuk memanggang kue kering, atau bisa juga menggunakan nampan plastik/mika. Taburi permukaannya dengan sedikit tepung, ratakan. Sisihkan.

Siapkan plastik segitiga (pipping bag) dan spuit kue bentuk bintang dengan ukuran besar, masukkan spuit ke dalam plastik. Kita memerlukannya untuk mencetak adonan. Jika anda tidak memiliki plastik segitiga dan spuit, bisa menggunakan kantung plastik biasa. Sisihkan.


Ayak tepung terigu yang akan anda gunakan. 




Siapkan panci, masukkan air, mentega dan garam, masak hingga mendidih kemudian kecilkan api hingga hanya muncul letupan dan gelembung kecil dan masak sambil diaduk hingga mentega larut. Matikan api kompor.




Masukkan tepung dan aduk dengan spatula dengan cepat hingga adonan menggumpal. Hidupkan kompor, set dengan api kecil, aduk terus adonan hingga terbentuk gumpalan yang smooth dan kalis, tandanya adonan tidak menempel di dasar panci.


Tuangkan adonan ke mangkuk mikser, kocok dengan kecepatan rendah untuk membuang semua uap air yang terperangkap di dalam adonan. Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan spatula, aduk dengan cepat hingga uap air hilang. 


Masukkan ujung jari anda ke adonan, jika adonan terasa nyaman di jari artinya tidak panas lagi, masukkan satu per satu telur ke dalam adonan. Jika adonan terlalu panas maka telur akan menggumpal dan matang. 


Pastikan telur dikocok hingga merata sebelum anda menambahkan telur berikutnya. Terus kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan terlihat halus. Adonan yang terbentuk sangat lengket. 




Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah kita siapkan, dorong adonan menggunakan spatula atau punggung pisau hingga adonan masuk. Jika anda menggunakan kantung plastik biasa, masukkan adonan ke kantung dan potong salah satu ujung kantung dengan lebar sesuai dengan ukuran kue yang anda inginkan.




Semprotkan adonan ke loyang yang telah ditaburi dengan tepung, bisa berbentuk panjang atau bulat lonjong, bentuknya disesuaikan dengan kratifitas anda. Tentu saja bentuk lurus  paling mudah dilakukan. Lakukan hingga adonan habis.


Masukkan loyang berisi adonan ke dalam freezer, bekukan adonan selama 2 jam. Sebenarnya adonan bisa langsung anda semprotkan ke wajan berisi minyak panas dan langsung digoreng, hanya saja biasanya bentuknya menjadi kurang cantik, dengan membekukannya sebentar di freezer membuat churros menjadi keras dan kala digoreng tetap mempertahankan bentuknya. 


Lepaskan churros dari loyang dengan cara mencongkel salah satu ujung/sisinya dengan pisau.  




Siapkan wajan anti lengket, isi dengan minyak agak banyak dan panaskan. Pastikan minyak benar-benar panas. Goreng churros dengan api sedang hingga coklat keemasan. Jangan memasukkan banyak-banyak adonan churros ke wajan karena saat digoreng churros akan mekar. Angkat dan tiriskan di wadah beralas tissue dapur. 


Tata churros di piring, santap dengan taburan gula bubuk atau siraman coklat leleh diatasnya. Saya menggunakan susu coklat kental manis karena praktis dan mudah.Yummy!




Adonan churros yang sudah beku juga bisa anda simpan di freezer dalam plastik rapat dan goreng saat akan disantap.  

1 komentar:

  1. waah, selain diberitahu sejarahnya ternyata juga ada resepnya. terimakasih!:3
    ohya, mampir yuk ke blog aku. siapa tau lagi nganggur dan jadi terhibur Kenalan yuk! Siapa tau nyaman.

    matur nuwun!;))

    BalasHapus