Senin, 15 Desember 2014

Apa Itu Jajanan Pasar Tampah

Jajan pasar tampah adalah sajian tradisi di pulau jawa yang biasanya berisikan 7 macam jajan pasar. Berasal dari budaya sesembahan yg mengharuskan sesaji 7 rupa, tradisi ini diadaptasi oleh budaya modern menjadi lebih bebas dan kreatif. Ada yang tetap mempertahankan jumlah jenis makanannya sebanyak 7 macam, tetapi lebih banyak yang tidak lagi mengindahkan kaidah angka dan lebih memilih variasi penganan yang lebih banyak. Dalam bahasa jawa 7 artinya pitu, kependekan dari pitulungan yang artinya pertolongan atau pituturan yang artinya nasehat. Bentuk lingkaran tampah menandakan garis yang tidak pernah putus melambangkan harapan rejeki yang tidak pernah putus pula. 
Seiring berjalannya waktu, ketujuh macam penganan ini tidak lagi disajikan dalam ukuran normal, namun dalam ukuran mungil untuk menghadirkan tampilan yang manis dan mengundang selera, mudah diambil dengan tangan, ringan dan tidak mengenyangkan seperti halnya finger food di pesta cocktail modern.

Menyiapkan Jajan Pasar Tampah

  1. Siapkan tampah berdiameter 30-40 cm. Siapkan alasnya, dapat berupa kertas nasi yang dipotong berbentuk lingkaran sesuai ukuran tampah. Sambung kertas bila perlu.
  2. Siapkan daun pisang yang dibentuk segitiga.
    tumpengsbs11 150x150 Jajan Pasar Tampah tumpengsbs12 150x150 Jajan Pasar Tampah tumpengsbs13 150x150 Jajan Pasar Tampah
  3. Susun daun segitiga pada sekeliling pinggiran kertas nasi, kuatkan dengan bantuan stapler hingga penuh. Letakkan alas yg sudah berhias daun di dalam tampah, rapikan.
  4. Susun jajan pasar di atas alas dengan susunan melingkar simetris, mulai dari lingkaran paling luar menuju ke dalam hingga ke tengah. Atur susunan warna-warninya sedemikian rupa sehingga tampak menarik.
  5. Tutup dengan plastik kaca, rapikan dan kuatkan dengan selotip di bagian bawah tampah.
  6. Jajan pasar tampah siap dihidangkan.

Catatan:

Bila tidak ada tampah, dapat menggunakan styrofoam yg dipotong sesuai selera — lingkaran atau oval, dan bentuk-bentuk lain. Pilih styrofoam yg tebalnya 3-4 cm agar cukup kuat menyangga jajan pasar menggantikan tampah.

Contoh Jenis Jajan Pasar dan Jumlahnya

jajanpasar normal2 Jajan Pasar Tampah
Pada gambar di samping digunakan tampah berdiameter 40 cm, berisi:
  • 24 kue mangkok mini
  • 8 tako
  • 14 cente manis
  • 8 ongol-ongol atau singkong kelapa
  • 16 kue lapis
  • 8 talam
  • 18 bika ambon mini
  • 20 kue ku mini
Penganan yang harus ada:
  • Kue ku merah
    Kue ku merah melambangkan kemakmuran dengan warnanya yang merah.
  • Kue lapis
    Kue ini melambangkan rejeki yang berlapis-lapis.
Selebihnya boleh divariasikan dengan jenis jajan pasar lainnya, seperti klepon, wajik, onde2, sosis solo, lemper mini, bitterballen, dan lain-lain.

3 komentar: