Selasa, 23 Desember 2014

Ragam Jenis Mie


mie dengan bahan bahan dasar utama tepung terigu dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu mie basah dan mie kering.

1. Mie Basah

Mie Basah adalah mie yang belum dimasak (namamen). mie jenis ini kandungan airnya cukup tinggi dan cepat basi, biasanya hanya satu hari saja, berdasarkan proses lanjutannya mie jenis ini dapa dibagi menjadi mie basah mentah, mie matang dan mie kering.

Mie Basah Mentah merupakan untaian mie hasil dari pemotongan lembaran adonan tanpa perlakuan pengolahan lanjutan. mie basah menta memiliki kadar air 35% dan biasanya ditaburi dengan tapioka untuk menjaga agar mie tidak saling lengket.


Mie Matang dihasilkan dari mie mentah yang dikukus atau direbus. kadar air mie matang sekitar 52% dan biasanya setelah perebusan atau pengukusan dicampur minyak sayur untuk mencegah lengket. mie kering berasal dari mie mentah yang dikeringkan dengan kadar air 10%.


2. Mie Kering
kategori kedua adalah mie kering (kanmen) seperti ramen, soba dan beragam mie instan yang banyak beredar dipasaran. mie instan atau mie siap hidang dibuat dari untaian mie (mie mentah) yang selanjutnya dikukus dan dikeringkan.

berikut beberapa jenis mie yang beredar dipasaran yang tentu bisa diolah menjadi sebuah hidangan.
A. Cellophane Noodles (Suun) 

dibuat dari campuran tepung kentang dan tepung kacang hijau, teksturnya sangat lunak sehingga cocok untuk olahan sup, suun goreng atau isi pastel, dijual dalam bentuk kering. cara pengolahannya rendam mie didalam air panas sampai lembut. setelah itu suun siap diolah.

B. Mie Telur

dibuat dari tepung terigu jenis hard wheat dan diperkaya dengan telur. mie ini biasanya dijual dalam kondisi kering dengan bentuk bulat dan pipih.

C. Hokkien Noodles (Mie Hongkong)

menyerupai mie telur, tetapi teksturnya lebih, mie ini biasanya dijual dalam kondisi basah dalam kemasan kedap udara. mie ini sangat cocok untuk dibuat mie goreng atau mie rebus.

D. Ramen (Mie Keriting Cina)

dijual dalam kondisi kering dalam kemasan mie instan. mie ini sangat cocok diolah sebagai mie goreng atau mie kuah.

E. Rice Stick Noodles (Kwetiauw)

dibuat dari tepung beras dan air. dipasaran dapat dijumpai dalam bentuk basah dan kering. mie ini sangat cocok digoreng atau menggunakan kuah.

D. Somen Noodles (Mie Jepang)

berasal dari jepang, terbuat dari tepung gandum dan minyak. tekstur mie ini sangat lembut dan rasanya kering. somen dijual dalam bentuk kering menyerupai lidi dan sangat rapuh. mie ini cocok untuk masakan jepang yang berkuah.

F. Soba Noodles (Mie Jepang)

bentuknya hampir sama dengan mie somen, namun warnanya keabu abuan atau hijau tua (mengandung sari teh hijau). dijual dalam bentuk kering dan sangat cocok untuk mie kuah.

G. Rice Vermicelli (Bihun)

terbuat dari tepung beras warnanya putih bersih, dan tekstur sangat lembut. mie ini sangat mudah matang, cukup direndam dalam air panas. biasanya dijual dalam bentuk mie kering dalam plastik. mie ini cocok untuk isian sup atau bihun goreng.

H. Misoa

sejenis mie yang berasal dari cina. mie ini terbuat dari tepung beras, berwarna putih terang dan sangat mudah matang. mie ini dapat digunakan langsung pada masakan seperti sup atau sebagai snack seperti misoa goreng.

I. Wonton (Kulit Pangsit)

Dijual dalam bentuk basah dalam kemasan plastik. bentuknya segiempat biasanya diolah dengan beragam isi. pengolahannya bisa dikukus, direbus atau digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar