Minggu, 04 Januari 2015

Ragam Jenis Bahan Masakan Jepang 2

1. Aburage

adalah tahu jepang yang digoreng kering dan di iris tipis, berwarna coklat dan berbentuk segi empat.

2. Dashi

adalah kaldu utama untuk semua makanan jepang. dibuat dari sari bumbu serta katsuobushi yang dimasukan kedalam air mendidih dan disaring setelah katsuobushi mengendap dalam air rebusan. dashi juga sering dibuat dari sari bahan makanan lain. aslinya terbuat dari kombu dan katuobushi (remahan ikan bonito atau bonito flake).

3. Kombu

adalah ganggang laut atau rumput laut yang dipakai sebagai bahan dasar kaldu. dimasak bersama sayur sayuran dan daging atau diproses menjadi lauk. dijual dalam bentuk kering lembaran dengan ukuran yang berbeda.

4. Katsuobushi

adalah makanan awetan dari ikan cakalang atau ikan bonito. ikan itu diserut untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar pembuatan sup.katsuobushi kerap ditabur diatas makanan sebagai penyedap rasa atau lauk. dibuat dengan di asap atau dikapang untuk menumbuhkan berbagai jenis kapang di bagian permukaan

5. Komachi

adalah tepung terigu asal jepang, banyak digunakan untuk roti abon atau donat.

6. Konyaku

adalah bahan makanan asal jepang seperti jelly, terbuat dari kentang dan kalsium hidroksid, berguna untuk mengenyalkan makanan seperti burger dan untuk diet. 

7. Matcha

adalah ekstrasi teh hijau khas jepang (green tea powder), aromanya wangi dan mempunyai rasa yang khas.

8. Nori

adalah lembaran rumput laut yang dikeringkan, digunakan sebagai hiasan dari penyedap berbgai macam hidangan bisa juga dikonsumsi sebagai lauk atau makanan ringan. lembaran nori berkualitas tinggi biasanya berwarna hijau kehitaman sedangkan nori berkualitas rendah berwarna hijau hingga hijau muda.

9. Ogura

adalah eskrim yang terbuat dari kacang merah.

10. Onigiri

adalah kudapan berupa bola nasi putih yang dibungkus dengan nori berisi acar apricot, tuna atau salmon.

11. Ponzu

adalah kecap asin encer beraroma jeruk yuzu.

12. Sake

adalah minuman hasil fermentasi beras, rasanya tawar berwarna bening kekuningan, beraroma tajam dan berkadar alkohol 14-17%, sering dipakai dalam pembuatan makanan jepang.

13. Sashimi

adalah irisan ikan mentah dan segar tanpa tulang dan kulit. disajikan begitu saja tanpa nasi, dan umumnya dimakan dengan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam saus. biasanya menggunakan ikan salmon, tuna, kakap, makarel, dan cumi.

14. Shoyu

adalah kecap dari kedelai gandum dan garam. sering dipakai dalam pengolahan masakan jepang. dimeja makan hanya tersedia Usukuchi Shoyu (kecap yang lebih light) sedangkan untuk memasak digunakan Koikuchi Shoyu (kecap asin dan kental).

15. Shisito

adalah sejenis cabai yang sering digunakan di jepang. berwarna hiau agak terang, mirip cabai hijau permukaan kulitnya bergelombang. ujung cabainya tidak runcing.

16. Nigiri

adalah nasi yang dipadatkan dan diatasnya diletakan sepotong sashimi. Maki Sushi berbentuk seperti kerucut sama seperti maki hanya beda teknik menggulung.

17. Tofu

adalah tahu khas jepang yang sangat lembut dan cenderung rapuh, seperti umumnya tahu bahan dasarnya kedelai.

18. Tongcai

adalah lobak yang diiris kemudian diasinkan. bahan makanan ini rasanya asin dan berwarna kecoklatan. biasanya disajikan bersama bubur atau mie ayam.

19. Udon

adalah mie yang tebal yang terbuat dari tepung terigu, lebih tebal dari soba dan ramen. udon bisa disajikan dingin maupun panas dengan beragam topping. 

20. Unagi

adalah belut asap.

21. Wakame

adalah rumput laut, biasanya digunakan dalam olahan sup miso atau salad.

22. Wasabi

adalah wasabi yang asli di parut dari akar tanaman wasabi 9lobak jepang yang berwarna kehjauan). yang siap dijual dalam bentuk pasta atau bubuk harus dilarutkan dengan air sebelum dipakai. warnanya hijau, rasanya pedas. wasabi digunakan dalam jumlah sedikit sebagai pelengkap hidangan sushi atau bumbu saus sashimi.

23. Teriyaki Saus

adalah semacam saus manis dengan bahan dasar kecap asin, saus khas jepang yang terbuat dari kecap asin, jahe, kaldu dan mirin. berwarna coklat kehitaman

24. Beni Shoga

adalah acar jahe khas jepang berwarna merah.

25. Crab stick 
adalah imitasi dari daging kepiting sejenis seafood terbuat surimi.

26. Donburi 
adalah semangkuk nasi putih dengan topping seperti tempura, sayuran, seafood dll.
27. Mirin 
adalah bumbu dapur berupa minuman beralkohol berwarna kuning dengan rasa manis. Kandungan gulanya 40-50% dan alkoholnya sekitar 14%. Diolah dengan cara merebus kecap asin dan dashi. Kandungan alkoholnya dapat menghilangkan rasa amis pada ikan, sedangkan tambahan gula membuat makanan lebih manis mengkilat dan harum, biasanya digunakan untuk makanan ungkep, campuran saus dan olesan yakitori.

28. Miso 
adalah bumbu masakan khas jepang dari olahan pasta berbahan kedelai. Diolah dari fermentasi kedelai, garam dan koji. Koji merupakan fermentasi biji bijian seperti beras, barley dan kacang kedelai. Dibutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan sebelum miso siap dipakai. Yang kuning kecoklatan rasanya tawar. Sedangkan yang manis berwarna kuning pucat atau berwarna merah kehitaman.

29. Sukiyaki 
adalah irisan tipis daging dapa diganti dengan daging has dalam yang diiris melintang tipis.

30. Sumiso 
adalah teman makan konyaku yang berupa saus dari bahan dasar miso ditambah cuka.

31.Tempuran 
adalah gorengan khas jepang yang menggunakan tepung khusu yang ringan dan renyah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar