Senin, 15 Desember 2014

Tips Mengganti Bahan ButterMilk dan Sour Cream


img: omnonicom

buttermilk ini penting untuk memperbaiki tekstur dan rasa kue. Buat saja buttermilk sendiri dengan cara mudah di bawah ini atau gantikan sour cream dengan bahan yang ada:




BUTTERMILK
susulemonUntuk membuat satu cangkir buttermilk, campurkan satu cangkir susu full cream (hangat atau suhu ruang) dengan satu sendok makan air perasan jeruk lemon atau bisa juga dengan satu sendok makan cuka putih. Setelah susu dituang air lemon atau cuka, biarkan selama 15 menit atau lebih. Biasanya bila proses pengasaman susu ini berhasil, bisa terlihat adanya gumpalan-gumpalan di dalam susu tersebut yang menandakan susu ini sudah bisa digunakan sebagai pengganti buttermilk.
Bisakah air jeruk lemon diganti dengan air jeruk nipis? Sepengalamanku sih bisa. Yang paling penting adalah jangan gunakan susu dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas. Biarkan suhu ruang ya, atau hangatkan sebentar (jangan sampai mendidih).
Selain mencampur susu dengan air lemon atau cuka, bisa juga dengan memasukkan cream of tartar ke dalam secangkir susu. Cream of tartar yang digunakan sebanyak 2 sendok teh atau menurut eHow.com sebanyak 1 3/4 sendok teh. Karena aku tidak pernah punya persediaan Cream of tartar di rumah, metode ini belum pernah aku coba.
Atau bila memiliki plain yoghurt, nah ini juga bisa digunakan sebagai pengganti buttermilk. Gunakan dengan ukuran yang sama seperti ukuran buttermilk yang tercantum di resep. Atau bila plain yoghurtnya tak cukup secangkir, dapat dicampur dengan susu cair full cream, perbandingannya kira-kira 3/4 cangkir yoghurt dicampur dengan 1/4 cangkir susu cair.
Sour cream bisa menggantikan buttermilk juga. Kalau sour cream terlalu kental, encerkan dengan sedikit susu, aduk rata lalu gunakan sesuai dengan ukuran di resep.
SOUR CREAM
Sour cream di resep cheese cake bisa langsung digantikan dengan plain yoghurt dalam jumlah yang sama. Yoghurtnya gunakan yang kental atau creamy, bukan yang cair.
Bila ingin mengganti sour cream dengan buttermilk, pastikan buttermilk yang digunakan baik yang beli jadi atau yang dibuat sendiri, sudah berbentuk cream dan tidak masih terlalu cair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar