Jumat, 05 Desember 2014

Ragam Jenis Bawang

Onion and garlic
Bawang Merah
Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu utamanya. Kelezatan dan aroma bumbu ini juga digunakan dalam pengolahan masakan Kontinental. Penggunaannya dalam kuliner bisa dihaluskan, diiris, sebagai pelengkap masakan, dan taburan beragam makanan. Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium, dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah selain dalam pengolahan makanan, adalah sebagai obat tradisional, karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida. Dari tanaman ini tak hanya umbinya yang dimanfaatkan tapi juga daun dan tangkai bunganya. Aromanya yang pedas menyengat tak jarang membuat Anda menitikkan air mata saat mengupas atau mengirisnya.
Bawang Putih
Bawang putih lebih banyak digunakan sebagai bumbu utama dalam masakan Chinese dan Western. Berbeda dengan bawang merah, bawang putih juga diolah menjadi snack sejenis keripik dan dioleskan sebagai topping bruscheta dan garlic bread. Penggunaannya untuk bumbu sangat mudah. Bisa dihaluskan, di memarkan, di cincang dan diiris tipis. Bisa juga di bakar dan digoreng dahulu, lalu dihaluskan sebagai campuran adonan. Bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir dan langgu. Di samping itu bawang putih kaya vitamin A, B, C, kalsium, karoten, anti oksidan dan selenium. Semua nutrisi tersebut berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.
Bawang Lanang
Dikenal dengan nama bawang tunggal. Memiliki warna seperti bawang putih, tapi bentuknya lebih bulat, teksturnya padat dan keras. Kulit bawang lanang juga lebih padat, tidak seringan kulit bawang putih. Lebih banyak digunakan sebagai obat daripada bumbu masakan karena mengandung banyak bumbu, digunakan juga sebagai obat penurun kolesterol jahat. Caranya langsung dikonsumsi mentah. Dalam pengolahan makanan, bawang lanang kerap diolah untuk acar karena teksturnya yang cukup keras. Acar bawang dikemas botol kaca yang telah disterilkan agar tahan lama. Ketika diolah acar, bawang lanang kehilangan aroma dan rasa pedasnya. Dan tergantikan oleh rasa asam segar dan teksturnya renyah karena proses pengolahan serta bumbu tambahan. Proses pembuatan acar membutuhkan waktu dua minggu untuk mendapatkan tekstur bawang yang tetap renyah tapi lembut dengan rasa serta aroma segar.
Bawang Bombay Putih
Sesuai namanya, bawang ini memang berasal dari Bombay-India yang dibawa oleh para pedagang ke Indonesia. Ukurannya besar dibandingkan jenis bawang lainnya. Umbinya beruas, berlapis, tinggi kandungan air, dan bergetah. Aromanya menyengat tapi tidak membuat Anda menitikkan air mata saat mengupas atau mengiris. Selain dimanfaatkan untuk bumbu beragam masakan yang umumnya bawang bombay dicincang halus. Anda bisa menumis, menggoreng hingga membakar bawang bombay untuk sajian utama, salad serta camilan. Bawang bombay panggang atau bakar bisa untuk pelengkap steak atau campuran barbeque. Irisan bawang bombay segar dapat dijadikan campuran salad sayuran. Sedangkan bawang bombay goreng yang dibalut adonan tepung seperti onion ring, pas disajikan sebagai camilan. Lengkapi dengan saus saat disajikan.
Bawang Bombay Merah
Tidak hanya bawang merah yang memiliki saudara beda warna bawang putih. Bawang Bombay juga demikian. Meskipun bernama awal bawang Bombay, ternyata tak hanya kulitnya yang berbeda. Teksturnya lebih padat dan keras dibandingan bawang Bombay. Aromanya lebih tajam, rasanya lebih manis seperti warna kulitnya yang ranum. Tiap ruas melingkar bawang Bombay ini berwarna merah keunguan. Bawang bombay merah cocok untuk campuran salad, sayur berkuah, tumis dan pelengkap main course. Jika digoreng hasilnya akan lembek dan tidak renyah karena kandungan airnya yang tinggi. Waktu untuk memasak bawang bombay merah juga lebih lama dibandingkan bawang bombay putih, karena teksturnya lebih keras.
Daun Bawang
Meskipun bernama daun bawang tapi tanaman yang termasuk kategori sayuran ini bukan batang tanaman bawang merah, bawang putih maupun bawang bombay. Dinamai daun bawang karena jenis rumpun dan aromanya mirip tanaman bawang dam masih keluarga umbi bawang. Umbi daun bawang justru tidak bisa dimanfaatkan atau diolah. Jadi yang diambil adalah batang tanamannya. Ciri tanaman ini berdaun panjang, pipih berpelepah panjang, dan liat. Bukan rahasia lagi, daun bawang biasa ditambahkan di berbagai hidangan untuk semakin memepercantik dan memperlezat rasa makanan. Dalam dunia kuliner, daun bawang sering dijumpai bersama martabak, bumbu tabur, pelengkap soto, dan campuran mirepoix dalam pembuatan kaldu. Selain bisa membuat makanan tampak terlihat lebih cantik, daun bawang kaya vitamin A, C dan K serta beberapa mineral lain. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun bawang dapat menurunkan tingkat gula darah dan membantu pencernaan tubuh. Bagi Anda yang sedang mengalami gejala flu, daun bawang bisa membantu menyembuhkan. Daun bawang juga memperlancar sirkulasi darah.
Bawang Daun
Bawang daun berbeda dengan daun bawang. Bawang daun dikenal dengan nama bawang bakung atau bawang semprong. Bentuknya lebih kecil, bulat, panjang dan berlubang seperti pipa. Juga digunakan sama seperti daun bawang. Misalnya sebagai taburan soto, bakso juga bahan dalam masakan lain. Bawang daun diketahui banyak mengandung saponin, tanin, dan minyak asiri yang berkhasiat meredakan perut kembung, batuk, flu, sesak nafas karena flu, dan anti radang.
Lokio
Salah satu jenis dari keluarga bawang lainnya adalah lokio. Memiliki bentuk yang khas yaitu umbi di bagian bawah yang berukuran lebih besar dibandingkan umbi bawang daun. Bawang ini sering dipakai untuk sambal atau dibuat acar. Banyak digunakan dalam masakan khas Sumatera Utara sehingga juga dikenal dengan sebutan bawang batak.
Kucai
Memiliki nama lain bawang kucai atau daun kucai. Kucai tidak umum digunakan dalam masakan Indonesia. Lebih banyak digunakan dalam masakan Tiongkok seperti bubur ayam atau untuk campuran dim sum serta gyoza.  Kucai berdaun pipih dan bunganya berwarna putih. Aroma kucai lebih dekat ke bawang putih daripada lokio, sehingga dalam bahasa Inggris disebut garlic-chives dan dalam bahasa Jerman disebut Knoblauch-Schnittlauch. Daunnya beraroma tajam dan pekat namun berbeda dengan aroma daun bawang maupun bawang daun. Bunga kucai dapat digunakan pula sebagai rempah penyedap. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar