Selasa, 13 Januari 2015

Apa Itu Fondant



Berbeda dengan tekstur buttercream dan royal icing, fondant bertekstur padat dan stabil. Tersusun dari air dan gula yang dimasak hingga kondisi 'soft-ball'. Setelah dingin, dikocok hingga tercipta tekstur yang lebih kokoh. Bisa ditambahkan ekstrak vanilla atau air jeruk lemon untuk memperkaya rasa.
Fondant memiliki berbagai macam tipe. Ada poured fondant yang teksturnya lebih encer sehingga bisa dituangkan ke atas kue. Rolled fondant yang lebih padat sehingga bisa diuleni, digilas, dan dibentuk. Tipe ini menjadi alternatif pengganti marzipan untuk melapisi cake bagi yang alergi kacang. Ada pula rolled fondant yang diberi gelatin (atau agar-agar bagi yang vegetarian) agar adonan bisa lentur dan konsisten. 

Selain itu, ada sculpting yang mirip rolled fondant, tapi memiliki konsistensi yang lebih kaku, dan sugar paste yang teksturnya lebih cepat mengeras. Cocok digunakan untuk membuat figur pengantin atau hiasan bunga yang besar. Hal penting yang perlu diketahui, sebelum fondant digunakan untuk melapisi atau menutup cake, sebaiknya cake diolesi buttercream terlebih dahulu. Fungsinya untuk merekatkan sekaligus menjaga kesegaran dan kelembapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar