Senin, 05 Januari 2015

Serba Serbi Fondant & Marzipan


sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-ybtsuw/
 Apa Itu Fondant

Fondant atau rolled fondant sering disebut dengan platic icing atau kadang disebut juga dengan pasta gula (sugar paste). Fondant adalah bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk meng-cover cake dan juga digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen2 pada cake seperti pita, kerutan/renda, bunga juga figurine.
              Fondant dibuat dari campuran gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga rasanya manis.
              Fondant siap pakai bentuknya seperti play dough/plastic dough atau seperti lilin mainan anak-anak, hanya adonan dasar ini berwarna putih. Saat baru dibeli dalam kemasan plastik biasanya kondisinya agak keras sehingga untuk menggunakannya harus diuleni terlebih dulu sampai lembut.

              Untuk mendapatkan fondant yang warna warni biasanya harus dicampur dengan pewarna makanan, baik yang water base maupun yang oil base dapat dipakai. Tapi yang paling bagus adalah bentuk pewarna yang berupa pasta atau gel (biasanya merk import, dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan pewarna merk lokal).

             Menyimpan adonan fondant yang belum terpakai atau sisanya, harus dibungkus plastik yang rapat atau kedap udara hingga saat digunakan. Dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Jangan menyimpannya di kulkas atau freezer. Fondant yang disimpan di kulkas selain mengeras, juga saat dikeluarkan akan berkeringat sehingga strukturnya menjadi rusak. 

Berbeda dengan tekstur buttercream dan royal icing, fondant bertekstur padat dan stabil. Tersusun dari air dan gula yang dimasak hingga kondisi 'soft-ball'. Setelah dingin, dikocok hingga tercipta tekstur yang  lebih kokoh. Bisa ditambahkan ekstra vanilla atau air jeruk lemon untuk memperkaya rasa. Fondant memiliki berbagai macam tipe.
Ada poured fondant yang teksturnya lebih encer sehingga bisa dituangkan ke atas kue. Rolled fondant yang lebih padat sehingga bisa diuleni, digilas, dan dibentuk. Tipe ini menjadi alternatif pengganti marzipan untuk melapisi cake bagi yang alergi kacang. Ada pula rolled fondant yang diberi gelatin (atau agar-agar bagi yang vegetarian) agar adonan bisa lentur dan konsisten. 



Selain itu, ada sculpting yang mirip rolled fondant, tapi memiliki konsistensi yang lebih kaku, dan sugar paste yang teksturnya lebih cepat mengeras. Cocok digunakan untuk membuat figur pengantin atau hiasan bunga yang besar. Hal penting yang perlu diketahui, sebelum fondant digunakan untuk melapisi atau menutup cake, sebaiknya cake diolesi buttercream terlebih dahulu. Fungsinya untuk merekatkan sekaligus menjaga kesegaran dan kelembapannya.

Apa Itu Marzipan

Marzipan populer di Eropa untuk pastry dan kue. Teksturnya mirip fondant, namun lebih lembut dan luwes sehingga bisa dibuat aneka bentuk. Sering digunakan untuk ice cake dan dekorasi kue lain. Terdiri dari pasta almond, gula bubuk, dan cairan seperti air, sirop jagung, atau glukosa. Semua bahan dicampur hingga terbentuk adonan padat yang elastis sehingga bisa digilas, dibentuk, dan dipotong.
Selain sebagai icing dan dekorasi kue, marzipan populer sebagai permen. Di beberapa negara, marzipan dibuat kecil-kecil menyerupai bentuk binatang atau buah-buahan. Ada pula yang ditambah perisa sehingga menarik perhatian. Marzipan tak sama dengan pasta almond yang lebih sering digunakan untuk isian pai dan kue. Cita rasa marzipan lebih manis dan bisa dimakan langsung.

 
Marzipan adalah adonan yang bahan utamanya terbuat dari cacahan kacang almond dan gula. Sebagai makanan manis, marzipan sangat populer di Eropa. Biasanya digulung menjadi lembaran tipis, dibentuk dan dijadikan hiasan pada kue. Marzipan pada perkembangannya menjadi lebih dari hanya sekedar makanan, marzipan juga menjadi bagian penting dari tradisi kuliner di banyak Negara di Eropa, termasuk Belgia.
Ahli cokelat kami yang berasal dari Belgia mencoba membawa kembali kenangan masa kecilnya di kampung halamannya dengan menuangkan tradisi tersebut ke dalam cokelat.

Perbedaan Fondant dan Marzipan
Berbeda dengan tekstur buttercream dan royal icing, marzipan dan fondant bertekstur padat, stabil, dan luwes  dibentuk. Banyak versi tentang sejarah marzipan. Disebutkan bahwa bahan ini berasal dari dataran Mediterania. Pendapat lainnya, marzipan datang dari Spanyol. Yang jelas, marzipan sebagai kudapan manis sudah dikenal sejak awal abad ke-10.
   
Marzipan dibuat dari gula bubuk dan almond bubuk, yang diuleni dan ‘diikat’ dengan putih telur. Kini, banyak juga resep yang menggunakan sirop jagung atau glukosa sebagai pengganti putih telur. Meskipun memiliki rasa gurih almond, ada juga yang menambahkan perisa sehingga ada perbedaan rasa.

Tekstur marzipan padat, liat, serta elastis layaknya lilin mainan anak-anak. Karenanya, marzipan mudah digilas dan kerap digunakan untuk melapisi dan menghias cake.
   
Jika generasi terdahulu merasa canggih saat menggunakan marzipan pada dekorasi kuenya, beda dengan generasi terkini yang gemar menggunakan fondant.
Dekorasi berbahan utama gula bubuk yang dicampur bersama gelatin, glukosa, dan gliserin ini, kini lebih mudah ditemukan.
   
Berbagai tipe fondant hadir di pasaran, di antaranya rolled fondant. Teksturnya mirip marzipan. Tipe ini menjadi alternatif pengganti marzipan untuk melapisi cake bagi yang alergi kacang. Padat dan liat sehingga bisa diuleni, digilas, dan dibentuk sesuka hati. Rolled fondant sering kali digunakan untuk membuat patung atau ornamen sebagai hiasan cake, seperti  figur pengantin atau binatang.
   
Untuk membuat patung atau bunga berukuran besar, gum paste kerap digunakan menggantikan rolled fondant. Teksturnya serupa dan dapat digilas hingga tipis. Gum paste akan mengering sempurna sehingga patung atau bunga yang dibuat tidak akan berubah bentuk.
   
Ada juga poured fondant. Teksturnya encer sehingga bisa dituangkan ke atas kue. Saat mengering, poured fondant akan sempurna menutup seluruh permukaan cake. 


dikutip dari http://www.femina.co.id/tip-masak/a-fondant-dan-marzipan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar