Selasa, 13 Januari 2015

Apa Itu Royal Icing


Royal icing secara tradisional terbuat dari putih telur yang dikocok bersama gula bubuk dan diberi sedikit air jeruk lemon hingga mengembang dan kaku seperti whipped cream. Teksturnya sedikit padat. Cara mengoreksinya mudah. Jika icing terlalu kental, tambahkan sedikit air. Sedangkan jika terlalu encer, tambahkan gula bubuk. 

    Kekhawatiran penggunaan putih telur tanpa melalui proses pemasakan membuat beberapa resep royal icing dimodifikasi dengan substitusi bubuk meringue. Metode pembuatannya hampir sama, yaitu gula bubuk dan bubuk meringue dikocok menggunakan mixer hingga tercampur rata. Tambahkan air dan terus kocok hingga terbentuk puncak lembut dan mengilap.

   

     Icing yang mulai populer di awal abad ke-20 ini tahan lama disimpan di suhu  ruang. Beberapa resep menambahkan gliserin guna mencegah icing terlalu kaku dan keras. Gliserin memiliki rasa manis, tidak berbau, jernih, dan berbentuk cair.
Royal icing sering digunakan untuk melapisi kue pernikahan atau kue ulang tahun. Cocok untuk membuat hiasan kue aneka bentuk, seperti bunga, pita, dan lainnya. Jika disimpan di dalam lemari es, bisa tahan sampai sebulan lebih. Pastikan selalu menutup royal icing dengan plastik lengket agar tidak cepat kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar