Selasa, 06 Januari 2015

Ragam Jenis Ikan Yang Berbeda Kandungan Lemaknya

Bagaimana dengan kandungan lemak? Sama seperti bahan pangan lain, ikan pun juga mengandung lemak. Namun tidak semua ikan mengandung jumlah lemak yang sama. Berdasarkan kandungan lemak yang dimilikinya, ikan dapat digolongkan menjadi 3 bagian. Setiap jenisnya pun memiliki manfaatnya tersendiri. Apa saja golongan ikan tersebut?
  1. Lean fish (ikan tak berlemak)
    Ikan yang termasuk di dalam golongan ini memiliki kandungan lemak 2% atau kurang. Mengkonsumsi ikan tak berlemak akan membantu Anda dalam mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, leanfish adalah sumber vitamin E dan omega-3. Contoh ikan yang termasuk golongan leanfish adalah tuna, capelin, haddock, dan lain-lain
  2. Medium fat fish (ikan berlemak sedang)
    Pada golongan ini, ikan memiliki kandungan lemak antara 2-5%. Lemak ikan golongan medium fat fish banyak terkandung dalam hati ikan, seperti ikan kod dan halibut yang banyak diolah menjadi produk minyak hati ikan. Manfaat yang dikandungnya antara lain adalah menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
  3. Fat fish (ikan berlemak tinggi)
    Memiliki kandungan lemak di atas 5%, fat fish memiliki pigmen warna lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Oleh karena itu, ikan-ikan golongan ini dapat terlihat berwarna kuning ataupun pink ikan pada golongan lean fish ataupun medium fat fish yang berwarna putih. Beberapa jenis fat fish antara lain salmon, mackerel, belut, dan sebagainya. Golongan ikan yang juga sering disebut sebagai ‘oily fish’ ini memiliki manfaat antara lain untuk mencegah kanker mulut dan kulit, serta menjaga kesehatan mata. 
Itulah golongan-golonga ikan berdasarkan jumlah lemak yang dikandungnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar