Selasa, 13 Januari 2015

Ragam Jenis Kelapa (Coconut)

KELAPA GENJAH
Kelapa dengan masa tanam mencapai 50 tahun dan masa produksi buah sekitar 25 tahun. Warna buahnya bervariasi, dari kuning, hijau, hingga jingga. Buah berukuran kecil (± 2 kg), daging buah ½ kg, dan kandungan air sekitar 200 ml. Mampu menghasilkan minyak kelapa sebanyak 68%. Terdiri dari :

Kelapa Gading



 Pohonnya berbuah pada usia 3 tahun. Buahnya berwarna kuning gading, sehingga dikenal juga dengan nama kelapa kuning. Ukuran buah beragam, dari kecil sebesar kepalan tangan orang dewasa, hingga bulat besar. Daging buah tebal, gurih, dan manis. 

Kelapa Raja

 Pohonnya berbuah pada usia 4 tahun. Buahnya berwarna hijau, jingga, hingga kuning emas. Pelepah daun juga berwarna kuning emas. Bentuk buah agak lonjong. Daging buah tebal, gurih, dan legit. 

Kelapa Hijau


 Disebut juga kelapa puyuh. Pohonnya sangat besar dan tinggi, banyak tumbuh liar di pesisir pantai. Buah berukuran besar dengan kulit berwarna hijau. Daging buahnya tipis, sehingga lebih sering dimanfaatkan airnya untuk obat.

Kelapa Merah
Pohonnya termasuk besar, namun lebih kecil dari  pohon kelapa hijau. Buah berukuran besar dan berbentuk agak lonjong, dengan warna merah hingga kecokelatan. Daging buahnya tebal dengan kandungan air yang banyak. Banyak dimanfaatkan untuk membuat minyak kelapa.

Kelapa Kopyor

Di masyarakat Jawa Tengah dikenal juga dengan nama  garoh. Didapatkan dari pohon kelapa yang mengalami kelainan genetis selama proses tanam. Daging buahnya tebal, bergumpal, dan sedikit terlepas dari tempurungnya. Aromanya berbeda dari kelapa muda pada umumnya. Kerap dimanfaatkan untuk minuman atau dessert.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar