Selasa, 13 Januari 2015

Ragam Jenis Tomat (Tomato)



Jenis tomat puluhan, bahkan mungkin. Yuk kenali jenis tomat dan penggunaannya dalam pengolah makanan.

1.    Plum
Merupakan bahan  utama tomat olahan seperti tomato paste dan saus tomat. Warnanya merah kuat, memiliki rasa sedikit asam serta gurih. Berbentuk oval, daging buahnya tebal dan berbiji sedikit.

2.    Bush
Bentuk dan warnanya sama dengan tomat beef steak, tetapi ukurannya lebih kecil dan berkulit tebal.

3.    Cherry
berbentuk bulat dan kecil dengan merah cerah. Memiliki rasa manis segar. Pas untuk pelengkap barbeque, fingger food, salad dan hiasan makanan.

4.    Roma
Dikenal sebagai tomat italia. Memilikiwarna merah dan kuning, berbentuk bulat memanjang serta berukuran kecil. Jenis ini umumnya diolah dan diawetkan dalam kaleng atau dihaluskan untuk saus pasta. Tomat roma pas untuk campuran omelette dan masakan

5.    Globe
Berbentuk bulat yang seragam dengan ukuran tidak terlalu besar. Rasanya sedikit asam. Digunakan dalam makanan utama, salad, sandwich dan burger. Karena selalu diiris saat mengolahnya, tomat ini disebut silicing tomato.

6.    Pear
Bentuknya mirip buah pir dengan warna kuning terang. Rasanya manis, sehingga bisa dimakan mentah atau dijadikan hiasan dan campuran makanan.

7.    Hitam
Warnanya paling berbeda dengan tomat jenis lain. Ukuran perbuahnya bisa mencapai 450 gram. Memiliki rasa manis gurih, cocok untuk caprese (salad tomat dan mozarella) dan salsa.
  
8.    Beefsteak
Tomat jenis ini berdaging tebal, ukurannya besar, berat perbuah bisa mencapai 500 gram lebih. Bentuknya tidak beraturan, berkulit tipis, tetapi tinggi kandungan airnya. Pas di potong dan ditumpuk di antara daging burger, selada dan buns. Cocok juga untuk salad debfab taburan mozarella atau langsung di konsumsi.

Di kutip dari Tabloid Nyata edisi IV Maret 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar