Selasa, 13 Januari 2015

Ragam Jenis Tomat (Tomato)



Globe tomato
Memiliki bentuk bulat yang seragam dengan ukuran yang tidak terlalu besar.  Rasanya tidak terlalu asam. Kerap digunakan dalam makanan utama, salad, sandwich, dan burger. Karena selalu dipotong atau diiris saat mengolahnya, tomat jenis ini sering disebut sebagai slicing tomato.

Beef  tomato
Orang Amerika menyebutnya beefsteak tomato karena berdaging tebal. Merupakan jenis tomat terbesar. Berat per buah sekitar 500 gram atau lebih. Bentuk bulatnya tidak mulus, bahkan ada yang tidak beraturan. Kulitnya tipis, memiliki banyak ruang biji.

Oxheart tomato
Ukurannya bisa menyamai beef tomato. Yang membedakan adalah siluetnya mirip stroberi.

Plum tomato
Sering disebut processing tomato atau paste tomato, karena umumnya diolah menjadi pasta atau saus tomat. Memiliki bentuk lonjong, dengan daging buah yang banyak dan ruang biji yang sedikit. 

Pear tomato
Jangan tertukar dengan buah pir karena memang bentuknya mirip. Hanya,  ukurannya sedikit lebih kecil dari buah pir. Tomat ini berasal dari Benua Eropa. Rasanya manis, sehingga bisa dimakan mentah atau dijadikan hiasan dan campuran dalam minuman.

Cherry tomato
Jenis tomat dengan ukuran kecil. Umumnya berbentuk bulat  seukuran ujung ibu jari. Ada juga yang berbentuk sedikit membujur sehingga memiliki kesamaan karakteristik dengan plum tomato. 

Grape tomato
Merupakan jenis plum tomato berukuran kecil. Jika plum tomato kerap digunakan untuk saus, grape tomato langsung dimakan mentah sebagai campuran salad.

Campari tomato
Ukurannya lebih besar dari cherry tomato dan lebih kecil dari plum tomato, berbentuk bulat seperti globe tomato. Tomat ini juga sering disebut sebagai cocktail tomato. Lazim dijual dengan tangkainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar