Selasa, 13 Januari 2015

Ragam Signature Dish Natal di berbagai dunia

Bûche de Noël

Bentuk dessert asal Prancis ini mirip kayu gelondongan yang biasa dipakai untuk kayu bakar. Cake yang juga jadi favorit orang Inggris ini dibuat dari génoise, sejenis sponge cake. Bagian luar cake dihias dengan butter cream berwarna cokelat dan diberi guratan yang menyerupai serat kayu. Bagian atas cake dipercantik dengan hiasan jamur dari meringue dan dedaunan dari marzipan. 

Black Forest Gateau

Cake dari Jerman bagian selatan ini tercipta karena pesona orang Jerman pada suasana hutan dari the Black Forest dan kirschwasser, minuman beralkohol dari buah ceri, hasil produksi daerah tersebut. Black Forest Cake dibuat dari sponge cake cokelat yang berlapiskan krim, ceri, dan diberi kirschwasser. Bagian luarnya ditutup serpihan cokelat pekat. Black forest sudah dikenal masyarakat Berlin sejak tahun 1934. Dari Berlin, cake kemudian menyebar ke wilayah Austria dan Swiss.      
Candy Cane
Permen yang sering dijadikan hiasan pohon Natal. Kini tampil dalam variasi warna dan rasa yang beragam. Bentuk tongkatnya disebut-sebut terinspirasi dari tongkat yang digunakan penggembala sapi yang mendatangi Yesus saat masih bayi. Sebagian lain mengartikannya sebagai huruf ‘J’ dari kata ‘Jesus’, dengan sulir merah perlambang darah pengorbanan Yesus. 

Charlotte


Dessert favorit saat Natal. Diambil dari nama Ratu Charlotte dari Inggris. Pure buah-buahan --biasanya apel bercita rasa lemon dan kayu manis-- dimasukkan ke dalam loyang bulat berlapis roti beroles mentega. Setelah dipanggang, charlotte disajikan hangat bersama saus custard dingin. Variasi lain adalah Charlotte Russe. Charlotte ciptaan Carême ini aslinya bernama Charlotte a la Parisienne. Kemudian diganti menjadi charlotte ala Rusia ketika segala sesuatu tentang Rusia sedang jadi tren. Disajikan dingin, adonan charlotte yang dibuat dari krim Bavaria cukup dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Rotinya bisa diganti  dengan ladyfingers, biskuit, atau kue sponge yang diperciki liqueur. 

Florentines


Cookies renyah yang beken di Italia, cocok jadi salah satu pengisi stoples Anda. Taburan ceri merah, ceri hijau, mixed peel, dan almond memperkaya rasa kue. Adanya lapisan gula membuat  tampilan kue mengilap nyaris tembus pandang.

Glühwein


Dibua
t dari anggur merah yang dipanaskan bersama campuran rempah kayu manis, cengkih, dan kulit jeruk. Minuman beralkohol khas Jerman ini disajikan dalam bentuk hangat untuk mengimbangi cuaca dingin di sana pada hari-hari raya di bulan Desember.

Glogg 


Sejenis punch khas daerah Skandinavia yang juga muncul pada saat perayaan Natal saja. Biasanya dibuat dari red wine dengan campuran kismis, kayu manis, cengkih, jahe, dan kenari. Glogg cocok diminum saat udara dingin karena mampu menciptakan sensasi hangat di tubuh. 

Galette des Rois 


Pastry tradisional Prancis, bisa dari puff pastry berisi almond. Muncul tiap perayaan hari ke-12 setelah Natal, yaitu tanggal 6 Januari, untuk memperingati kunjungan 3 orang bijak pada bayi Yesus. Hari ke-12 dirayakan di Eropa dengan membuat Twelfth Night Cake yang berbeda di  tiap negara. Di Prancis, orang membuat galette des rois; di Italia, pannetone.  Di dalam kue dimasukkan kacang-kacangan atau benda kecil lain. Yang berhasil menemukannya, akan  menjadi Raja atau Ratu Hari ke-12. Tradisi ini merupakan warisan agama Katolik.

Krumkake


Kue kering khas Norwegia. Mirip wafer atau kue semprong yang dibentuk menyerupai cone es krim, diisi multekrem (whipped cream dan campuran buah-buahan berry), atau yang  paling sederhana, diisi whipped cream polos.

Lussekatt


Nama populernya, Saint Lucia Buns, karena disajikan saat Saint Lucia Day, pada 13 Desember di Swedia dan Finlandia. Pada hari terpendek dan malam terpanjang di Skandinavia, anak-anak gadis berpakaian putih membawa lilin untuk penerangan dan roti yang dibumbui dengan saffron, kayu manis, dan kismis. Roti ini mempunyai ciri khas warna kuning berkat saffron dan bentuk yang menyerupai huruf ‘S’, meniru bentuk roti zaman dulu. Lama-kelamaan roti ini dikenal sebagai hidangan khas Natal karena Natal di Eropa dirayakan begitu memasuki bulan Desember.

Mincemeat Pie


Pie Natal berukuran kecil dalam porsi individual. Aslinya, ke dalam mincemeat pie ditambahkan daging cincang (seperti namanya). Namun, resep sekarang dibuat dari  buah kering, rum, dan rempah-rempah. Di daerah pantai timur laut Amerika Serikat, selain disajikan saat Natal, kue ini juga  dihidangkan untuk merayakan Thanksgiving. 

Pavlova


Dessert Natal dari meringue, favorit di Australia dan Selandia Baru. Namanya diambil dari Anna Pavlova, balerina Rusia yang legendaris di tahun 1930-an. Berkat penggunaan putih telur untuk meringue, bagian luar dessert ini renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut. Karena diciptakan di Perth, Australia Barat, pavlova menggunakan kiwi dan stroberi sebagai topping whipped cream yang disemprotkan di atas meringue. Kini, beragam buah bisa dipakai, bahkan buah tropis seperti mangga, belimbing, atau nanas, digunakan untuk menghiasi pavlova.

Roast Turkey 


Kalkun panggang, pakai stuffing atau tanpa stuffing, disantap bersama saus cranberry. Merupakan salah satu menu favorit untuk Christmas dinner, disantap  pada 24 Desember di Inggris dan Amerika, juga di Australia dan Selandia Baru.   Keesokan harinya, sisa-sisa kalkun diolah dan disajikan untuk salah satu hidangan makan bersama pada hari Natal pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar