Selasa, 13 Januari 2015

Ragam Signature Egg Dish Berbagai Dunia

Denver omelette

Populer sebagai Southwest omelette atau Western omelette di Denver, Amerika Serikat Barat Daya. Omelet ini diisi ham (olahan daging paha babi) yang dipotong dadu, bawang bombay, dan paprika hijau. Terkadang diberi topping keju dan kentang goreng. 

French omelette


Pembuatannya agak sulit karena diolah menggunakan  wajan dadar khusus. Agar praktis dan tidak lengket, omelet digoreng menggunakan clarified butter (hasil saringan mentega cair bagian yang jernih) dengan rasio yang lebih besar dari telur. Meski hanya diberi garam dan merica sudah enak, sering kali ditambahkan rempah (tarragon, tangkai seledri) untuk menambah aroma.

Biscuit omelette 


Disebut juga omelette soufflé. Omelet paling sederhana di dapur Prancis dengan paduan rasa manis dan gurih. Teksturnya fluffy (empuk mengembang) karena terdapat campuran putih telur yang dikocok kaku. Proses masaknya ada yang didadar, tapi umumnya dipanggang sejenak. Sebagai variasi, ditambahkan sedikit tepung terigu ke dalam adonannya. Taburan yang umum dipakai adalah keju, daging, sayuran, potongan buah, dan krim kocok. 

Greek omelette


Omelet khas Yunani. Kaya rasa karena telur hanya berfungsi sebagai pengikat bahan isi, sehingga rasio bahan isi lebih banyak dibandingkan telur. Ragam isian pun bervariasi, dari sayuran hingga pasta. 

Bauern omelette 


Disebut juga farmers omelette karena konon bahan isiannya  berupa sayuran segar dari kebun sendiri. Beken di Jerman Selatan, Austria, dan Belanda. Dibuat dari bawang bombay, kentang rebus, dan speck (daging asap), yang dimasak di dalam pan dadar lalu disiram  telur kocok. Rempah, jamur, tomat, atau cornichons (acar gherkins) digunakan untuk penguat rasa. 

Frittata


Omelet ‘terbuka’ khas Italia yang berisi sayuran, pasta, keju, atau bahan lain yang dicampur dengan telur lalu dimasak menggunakan wajan datar di atas api kecil hingga matang. Cara lain,  ditempatkan di dalam wadah tahan panas, lalu dipanggang dalam oven hingga matang.

Spanish tortilla de patatas


Disebut juga tortilla Española atau omelet tradisional khas Spanyol. Mirip frittata karena tampilannya tebal dan teksturnya seperti sponge (fluffy). Isinya berupa tumisan kentang dan bawang bombay. Terkadang ditambahkan keju, paprika, dan ham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar