Selasa, 27 Januari 2015

Ragam Varietas Teh Di Berbagai Dunia

1. Bunga Kwai


jenis ini terdapat di china. teh ini berasal dari kumpulan bunga osmanthus. tumbuhan ini juga berasal dari china, merupakan tanaman beraroma manis dengan cita rasa yang kuat. di china tanaman ini juga digunakan dalam pembuatan berbagai macam bahan makanan seperti gula dan minuman anggur.

2. Teh Pu-erh (Pou Nei)
teh ini bentuknya dipress untuk kepentingan pematangan dan penyimpanan. rasa daun yang berdaging cukup kuat. berasal dari provinsi yunnan di china, biasanya semakin enak apabila mengalami proses penyimpanan sampai puluhan tahun. teh ini biasanya digunakan untuk diet. orang tibet mempunyai kebiasaan minum teh pou nei yang dicampur dengan mentega dari lemak yak, gula dan garam. 

3. Teh Kuning
merupakan teh berkualitas tinggi yang disajikan di istana kaisar. berasal dari daun teh yang diolah seperti teh hijau tapi dengan proses pengeringan yang sangat lambat.

4. Bancha
adalah teh tradisional jepang daunnya lebih kasar,rendah kafein serta tinggi zat tannin.

5. Jasmine 
di indonesia jenis teh yang paling populer adalah jasmine tea (teh wangi melati). merupakan teh hijau yang dicampur bungan melati sehingga menimbulkan aroma atau wangi yang khas. bunga bunga lain yang sering dijadikan campuran teh adalah mawar, seroja, leci, dan seruni.

6.Teh Darjeeling
pada awal abad ke19 kolonial inggris memperkenalkan perkebunan teh yang luas di lereng himalaya. sinar matahari yang terik di pegunungan dan temperatur yang rendah dimalam hari menyebabkan dedaunan teh tumbuh lambat, menghasilkan teh dengan aroma istimewa dan lembut bernama darjeeling. teh ini menduduki ranking terbaik dan paling mahal di antara jenis teh yang lain.

7. Sencha
merupakan jenis teh yang paling populer dijepang. daunnya datar dan panjang. sencha jepang memiliki rasa segar dan sedikit manis, sedangkan sencha china mengingatkan pada bau rumput kering segar beraroma kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar