Rabu, 11 Februari 2015

Ragam Jenis Inovasi Mie


Mi sebagai salah satu kuliner yang populer di dunia juga kini hadir dengan beragam inovasi. Sebelumnya inovasi yang pernah dilakukan pada mi hanya lah membuat versi instannya yang dikemas bersama bumbu.
Namun, saat ini kreasi mi baru banyak bermunculan. Ada yang bertahan sebagai jenis kuliner baru, ada pula yang hanya muncul sesekali.

Bagi Anda penggemar mi, ini adalah ragam inovasi mi mulai dari sushi hingga donat.

Burger mi
Hasil gambar untuk burger mie
Inovasi burger mi terbilang kian populer saat ini. Tak heran karena burger adalah salah satu makanan cepat saji yang telah begitu dikenal. Bahkan, hidangan ini telah menjadi tren tersediri hingga hadir sebuah restoran di Jakarta yang khusus menawarkan hidangan burger mi yang tersedia dengan berbagai varian topping mulai dari patty daging sapi, ayam hingga ikan.

Roti burger diganti menggunakan segenggam mi yang dibentuk bulat. Karena dimasak dengan cara dipanggang, bagian luarnya sedikit garing, sedangkan bagian dalamnya lebih lunak.

Saat digigit bersama daging dan topping lainnya, mi memberikan tekstur yang lebih kenyal dan gurih dibandingkan roti. Cita rasa keseluruhannya hampir sama dengan burger klasik, namun dengan kombinasi saus yang manis dan sedikit asam. Patty dagingnya kaya rasa karena dagingnya dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu racikan khusus.

Mi bercita rasa unik

Di Jepang, inovasi mi bercita rasa unik telah banyak dihadirkan restoran-restoran. Umumnya restoran ramen khusus memasukkan satu atau dua menu mi bercita rasa unik mulai dari mi dengan kuah jus stroberi hingga susu sapi.

Tak hanya itu, salah satu perusahaan produsen mi instan negeri sakura juga sempat meluncurkan produk mi instan bercita rasa cokelat. Produk yang dikemas di dalam cup tersebut terdiri dari segenggam mi, saus cokelat kental, butter fudge, milk chocolate chip dan maple lapis kacang pecan. Tentu saja berbeda dengan mi instan cup pada umumnya, mi ini memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih.

Sushi mi
Hasil gambar untuk ramen sushi
Kelezatan mi membuat seorang juru masak menciptakan inovasi hidangan sushi yang tidak terbuat dari nasi melainkan menggunakan ramen atau mi Jepang. Tak hanya itu, ramen instan yang telah direbus juga dibungkus dengan daging bakon, saus sriracha serta keju.

Banyak orang yang menyebut sushi mi ini memiliki cita rasa yang hampir menyerupai risotto, hidangan khas Italia berupa nasi panggang yang disantap dengan keju.

Cara membuatnya pun hampir sama dengan membuat sushi roll pada umumnya yakni dengan membungkus bahan-bahannya dan memotongnya perlahan-lahan hingga membentuk potongan sushi yang rapi. Karena sudah memiliki cita rasa, menyantap sushi ramen tidak membutuhkan soyu atau kecap asin. Begitu pula dengan wasabi dan acar jahe yang biasa menjadi hidangan pendamping sushi.

Donat mi
Hasil gambar untuk donat mi
Terbuat dari adonan donat biasa, santapan unik tersebut berbentuk bulat dengan isian segenggam ramen yang telah dicampur dengan daging, bumbu serta saus racikan khusus. Setelah itu adonan dicelupkan ke dalam telur yang telah dikocok kemudian dibaluri dengan tepung roti. Donat pun kemudian langsung digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.

Tentu saja tidak seperti donat pada umumnya. Donat ramen ini tidak memiliki cita rasa yang manis, melainkan pedas dan gurih. Banyak yang menganggap santapan ini sangat menarik karena memberikan pengalaman menikmati ramen yang merupakan kuliner tradisional Jepang dengan cara baru.

Tak lagi dengan menyantapnya di dalam mangkuk, namun cukup dalam sekali lahap. Selain itu, teksturnya yang renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalam pun memberikan sensasi bersantap yang beda.

Pizza mi
Hasil gambar untuk pizza mie
Nah, yang satu ini diciptakan seorang juru masak saat mengikuti kompetisi memasak hidangan berbasis ramen di The Brooklyn Kitchen. Kreasi pizza mi tersebut kemudian memenangkan kompetisi karena hidangannya dianggap paling kreatif.

Diberi nama Pepperoni Ramen Pizza, hidangan ini dibuat menggunakan empat bungkus ramen instan, dengan taburan saus tomat, pepperoni dan keju. Ia memilih pepperoni karena sosis tradisional Italia ini dirasa sebagai topping pizza terfavorit di seluruh dunia.

5 komentar:

  1. yang terakhir gambarnya mirip omelet mie.. hehe.. pengen ngicip semuanya deh.. karena saya suka sekali makan mie :-D

    salam kenal, Mak :-)

    BalasHapus
  2. mie memang enaaak...dibuat apa aja pasti banyak yang suka ya maaak...aku suka buat perkedel mie dan omelet mie...anak-anak suka bangeeet :)

    BalasHapus
  3. mie emg enak diapain aja ya ;)... Aku sendiri klo lg bingung mw makan apa, ujung2nya pasti beli ramen, ato bakmi langganan :D

    BalasHapus
  4. Enak sekali. Coba ada resepnya. Blogwalking
    Salam :)

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak, sangat menarik sekali, semuanya dari unsur mie ya...

    BalasHapus