Kamis, 19 Februari 2015

Tips Cara Merawat Peralatan Dapur

Menjaga kebersihan alat dapur sangat penting dilakukan dan diperhatikan. Karena sebaik apapun nutrisi bahan makanan yang Anda olah, jika diolah dengan alat yang tidak higienis tentu akan mengganggu kesehatan. 

Wajan atau Pan

Hasil gambar untuk wajan
Setelah menggunakan wajan, segeralah mencucinya dengan bersih. Jangan dengan merendam! Karena bisa jadi kotoran akan kembali ke wajan Anda. Apalagi yang berbau amis. Karena kotoran itu nyatanya tidak pergi kemana-mana, hanya berputar-putar di sekitar rendaman. Lebih bagus membersihkannya dengan air yang mengalir, supaya kotorannya langsung turun dan terbuang. Jika memungkinkan, Anda  bisa dengan menyemprotnya. Lalu gunakan sabun pencuci yang memiliki aroma buah supaya jika ada bau tertentu  bisa hilang. Seusai membersihkan dengan air, segera lap. Itu sudah cukup untuk membuat wajan  bersih. Jangan meletakkan wajan yang sudah bersih begitu saja. Apalagi menumpuknya dengan alat-alat lain dalam posisi mendatar. Yang baik adalah dengan menggantungkannya, sehingga jika ada sisa air yang masih menempel, atau bahkan bahan-bahan tertentu di wajan, mereka akan mengalir jatuh.

Panci atau stockpot

Hasil gambar untuk panci
Prinsipnya sama dengan merawat alat-alat lainnya. Setelah menggunakannya, segera dicuci bersih, lalu gantung.

Talenan atau cutting board

Hasil gambar untuk talenan
Coba perhatikan, ada saja orang yang misalnya sehabis menggunakan talenan untuk memotong ikan atau mungkin ayam, langsung menggunakannya untuk memotong sayuran. Padahal sebaiknya sehabis menggunakan untuk memotong bahan yang satu, segera cuci bersih. Dan gunakan jeruk nipis saat membersihkan. Fungsinya untuk menghilangkan lemak yang menempel. Jika lemaknya sudah tebal sekali, Anda bisa menyiramnya dengan air panas, supaya kuman-kumannya turun. 

Pisau

Hasil gambar untuk pisau dapur
Setelah kita menggunakan pisau, segera cuci sampai bersih. Lalu dilap dengan tisu atau handuk (istilahnya kitchen towel) hingga benar-benar kering. Letakkan di tempat pisau khusus yang bisa Anda dapatkan di pusat perbelanjaan. Tempat pisau khusus diset sedemikian rupa, dengan kemiringan yang pas untuk membuang sisa air. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda bisa menjaga keawetan untuk beberapa tahun. Misalnya selama lima tahun bahkan lebih.

Kompor Portable

Hasil gambar untuk kompor portable
Yang harus diperhatikan terutama bagian seperti jarum yang menghubungkan tabung dengan selang ke kompor Anda. Karena di bagian ini terkadang ada kotoran yang menyumbat. Bagian berikutnya adalah bagian yang juga seperti jarum, tempat keluar api di kompor. Karena terkadang cipratan masakan atau lainnya jatuh ke bagian ini, sehingga bisa menyumbat. Alhasil gas tidak keluar dengan baik dan bisa menjadi sarang bagi kuman penyakit. Anda bisa membersihkannya menggunakan glass wol atau busa pembersih. 

Mixer atau Blender

Hasil gambar untuk mixer dan blenderHasil gambar untuk mixer dan blender
 Perawatannya-pun sama mudahnya. Segera cuci bersih setelah Anda gunakan, lalu gantung.
Saringan atau strainer. Sama saja dengan merawat alat-alat lainnya. Setelah menggunakannya, segera dicuci bersih. Anda juga bisa menyemprotnya dengan air jika ada kotoran yang terkadang menempel di sela-sela saringan. Lalu gantung.

4 komentar:

  1. Saya sering tuh mak ngerendem wajan biar sisa bumbu yg nempel bisa lepas. Brarti ga boleh lagi ya!! :)

    BalasHapus
  2. hehehe...jadi maluu...suka ditinggalin lamaaa di sink...makasih tipsnya yaaa...

    BalasHapus
  3. kalo panci stainles steel katany sebaiknya habis dicuci di lap kering, kalo ngga ntar ngecap-ngecap gitu hehehe

    BalasHapus
  4. terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat penting, selain itu perhatikan juga apa alat memasak Anda sudah sehat?

    BalasHapus