Selasa, 10 Maret 2015

Ragam Bahan Utama Untuk Membuat Merigue




1. Putih telur
Hasil gambar untuk putih telur
Gunakan putih telur yang segar (maksimal 2 hari setelah dibuka dari cangkang telur). Pastikan untuk menggunakan putih telur suhu ruang dan benar-benar ‘bersih’ dari kuning telur. Karena kunci pembentukan tekstur meringue yang baik adalah tekstur kaku yang dibentuk olehdenaturasi (pemecahan protein) di dalam putih telur. Jika putih telur dalam kondisi dingin (suhu lemari es), pisahkan terlebih dulu putih telur dari kuningnya. Lalu, istirahatkan selama 30 menit sebelum diproses. 

2. Gula 

Hasil gambar untuk gula pasir
Gula bubuk (icing sugar) atau gula pasir sama-sama bisa digunakan. Tak perlu takut gagal karena masing-masing punya keunggulan. Gula bubuk lebih mudah tercampur rata ke dalam adonan dan mengandung tepung maizena yang bisa diandalkan untuk membuat adonan lebih stabil. Sedangkan gula pasir lebih kaya rasa. Anda juga bisa menggunakan brown sugar guna memberi aroma karamel pada meringue. Cukup ganti ½ bagian gula dengan brown sugar.

3. Cream of Tartar

Hasil gambar untuk cream of tartar
Merupakan produk hasil pengolahan wine. Berguna sebagai bahan penstabil (stabilizer). Dimasukkan dalam jumlah yang sedikit ke dalam adonan. Tidak hanya untuk menjaga konsistensi adonan, tapi juga dapat meningkatkan volume hasil pengocokan putih telur. Tidak perlu takut, karena penambahan cream of tartar tidak memengaruhi rasa. Jika tidak ada, ganti dengan air jeruk lemon atau cuka dalam jumlah yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar