Selasa, 12 Mei 2015

Ragam Resep Gorengan Yang Praktis

Jika ingin tetap menikmati gorengan tanpa cemas, bukankah membuatnya sendiri jauh lebih aman? Nah, kali ini Hipwee akan memberikan resep gorengan yummy yang bisa dengan mudah kamu buat sendiri.
 1. Tempe mendoan bisa kamu andalkan untuk jadi penyelamat Makanya, pastikan resep ini kamu hapalkan
Tempe mendoan
Tempe mendoan via programukm.blogspot.com
Tempe mendoan adalah primadona gorengan. Selain harganya yang murah, tempe yang menjadi bahan dasar yang kaya protein juga jadi nilai plus gorengan jenis ini. Alih-alih ingin mendapatkan keuntungan ini, kamu malah menemui tempe mendoan tetapi isinya hanya tepung terigu dengan tempe yang tipis sekali. Nah daripada kamu merugi, lebih baik kamu buat sendiri. Caranya gak ribet kok,
Bahan yang kamu butuhkan:
  • 10 potong tempe berukuran 10 x 15 cm
  • 100 gram tepung terigu
  • 125 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 3/4 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur
  • Garam secukupnya.
Cara membuatnya:
  • Pertama-tama kamu aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu yang halus.
  • Tambahkan daun bawang lalu aduk rata.
  • Kemudian celupkan tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering.
  • Lalu angkat dan sajikan.
Agar lebih nikmat, kamu makan selagi hangat bersama cabai rawit hijau sebagai pasangan. Dijamin, kamu akan ketagihan dan amu juga bisa menikmati tempe mendoan sepuasnya tanpa harus khawatir bahan-bahan yang berbahaya. Menguntungkan ‘kan?


2. Selain rasanya yang renyah, pisang molen bisa jadi kekasih setia untuk mengganjal perut lapar

Pisang molen enak dan renyah
Pisang molen enak dan renyah via ernasitisarahh.blogspot.com
Pisang tak melulu harus dikonsumsi langsung, sekarang kamu bisa menyulap pisang menjadi gorengan renyah yang bisa mengganjal lapar. Namanya pisang molen. Tanpa perlu beli keluar rumah, kamu bisa membuatnya sendiri di dapur. Caranya gak ribet kok.
Bahan yang kamu butuhkan
  • 8 buah pisang uli, dipotong panjang 5 cm dan dibagi empat bagian memanjang
  • 100 gram keju potong dadu kecil (gak wajib)
  • 250 gram tepung terigu
  • 65 gram gula tepung
  • 1 sdt baking powder
  • 65 gram margarin
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 1 sendok makan air es
  • Minyak goreng
Cara membuatnya cukup praktis kok:
  • Pertama-tama kamu ayak tepung terigu agar teksturnya lebih lembut.
  • Lalu campurkan gula tepung, dan baking powder bersama tepung terigu.
  • Masukkan margarin dan telur dan aduk sampai bergumpal.
  • Tambahkan air es dan campurkan hingga rata. Setelah itu diamkan selama 15 menit.
  • Giling adonan hinggaketebalan kurang lebih 0,5 cm.
  • Potong lebar 1 cm memanjang.
  • Lilitkan adonan pada pisang dan keju yang diletakkan berdampingan.
  • Setelah itu, kamu goreng pisang yang sudah dilillit dengan minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
  • Jadi deh.
Nah, gampang dan praktis ‘kan? Kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi pada pisang molen bisa menjadi alternatif untuk mengganjal rasa lapar disaat-saat mendesak. Selain itu, makanan praktis ini bisa jadi bekal untuk cemilan saat bekerja. Dengan membuat sendiri, kamu tak perlu cemas pisang molenmu mengandung plastik atau lilin. Berani coba?


3. Sahabat setia kala sendiri di kosan tidak lain adalah bakwan. Makanan gurih yang bikin ketagihan

Resep bakwan enak dan gurih
Resep bakwan enak dan gurih via www.pinterest.com
Selain tempa mendoan, bakwan adalah makanan renyah yang bikin ketagihan. Gak jarang kamu memilih menu ini untk mengisi sat-saat sendirian di kosan. Daripada kamu beli diluar, bikin sendiri jauh lebih puas dan aman. Hanya dengan uang sedikit, kamu bisa menyajikan beberapa buah bakwan yang menggoda lidah. Berikut ini adalah cara membuatnya.
Bahan yang kamu butuhkan :
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung beras
  • 100 gram wortel, dipotong korek api
  • 75 gram taoge
  • 150 gram kol, diiris halus
  • 50 gram jamur tiram, disuwir halus
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 200 ml air
Selanjutnya, bumbu yang kamu perlukan:
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdm ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
Cara membuat bakwan sayur yang renyah dan gurih :
  1. Pertama-tama, kamu campurkan tepung terigu, bawang putih, kaldu ayam, garam, merica bubuk, ketumbar, dan gula pasir. Lalu kamu aduk hingga rata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
  3. Lalu kamu tambahkan wortel, taoge, kol, jamur, dan daun bawang. Jangan lupa kamu aduk rata ya.
  4. Setelah itu, gunakan sendok untuk menggoreng  adonan dalam minyak panas.
  5. Jika antar adonan saling menempel, kamu bisa siram-siram dengan minyak yang ada di wajan hingga terlepas. Lalu biarkan sampai matang.
Nah, ternyata membuat bakwan itu gak susah ‘kan? Jadi tanpa harus beli diluar, kamu bisa membuatnya sendiri bakwan renyah yang sehat di kosan kok.


4. Tahu isi bukan hanya bergizi, tapi juga gampang dibikin sendiri dengan berbagai variasi.

Tahu isi yang nikmat dan sedap
Tahu isi yang nikmat dan sedap via www.seleranusantara.co.id
Gorengan adalah makanan praktis yang paling cocok dengan lidah Indonesia. Selain itu, makanan ini juga murah dikantong. Tapi bukan berarti gorengan itu minim nutrisi. Tahu isi sayuran bisa menjadi pilihan untuk camilan sehat. Nah, tanpa harus beli di pinggir jalan, kamu bisa bikin sendiri dengan berbagai variasi lho. Sekarang Hipwee berikan resep praktis untuk tahu isi sayuran yang sehat.
Bahan yang kamu butuhkan :
  • 5 buah tahu putih kecil, potong diagonal, bagi 2 bagian, kerok bagian tengahnya
Bahan untuk isi tahu :
  • 120 gram hasil kerokan tahu putih, haluskan
  • 50 gram ayam fillet, cincang halus
  • 50 gram wortel, potong korek api
  • 25 gram buncis, iris halus
  • 25 gram taoge, buang akarnya
  • 1 putih telur, kocok lepas
  • 1 tangkai seledri, iris halus
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
Bumbu yang harus dihaluskan untuk merendam tahu :
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 100 ml air
Bahan untuk membuat tepung pelapis tahu
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air
Cara pembuatannya adalah  :
  1. Pertama-taman kamu rendam tahu putih pada bumbu yang sudah disiapkan.
  2. Nah, sembari merendam, kamu bisa masak isi tahu : Pertama aduk rata semua bahan isi (hasil kerokan isi tahu, ayam, wortel dll) pada panci yang berbeda. Setelah rata, kamu bisa masukan sayuran ini kedalam tahu menggunakan sendok.
  3. Lalu celup dalam larutan tepung yang sudah dibumbui.
  4. Kemudian, kamu masukkan dalam wajan yang berisi minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  5. Tunggu hingga kuning kecoklatan, dan angkat.
  6. Jadi deh.
Nah, gampang kan? Selain sayuran, tahu ini bisa kamu isi dengan berbagai variasi. Mungkin kamu gunakan bakso, bihun, atau sayuran kesukaanmu. Tanpa takut gorengan ini berasa dari minyak bekas, membuat sendiri di rumah justru lebih menyehatkan.


5. Kata siapa singkong itu makanan ndeso? Sekarang kamu bisa menyulapnya jadi gorengan lezat singkong keju

Singkong keju yang lezat
Singkong keju yang lezat via www.fotografermakanan.com
Singkong adalah salah satu bahan makanan yang identik dengan pedalaman. Padahal meskipun harganya tergolong murah, makanan ini bisa diolah jadi makanan lezat yang berkelas lho. Tanpa melulu harus dibuat gethuk, singkong bisa diolah jadi gorengan yang nikmat, salah satunya adalah singkong keju. Cara membuatnya mudah kok.
Bahan yang kamu butuhkan :
  • 500 gram singkong, dipotong-potong
  • 50 gram keju parut untuk taburan
Bumbu yang harus kamu gunakan :
  • 5 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 2,5 sdt garam
  • 800 ml air untuk merebus
  • 40 gram tepung bumbu serbaguna siap pakai untuk pelapis
  • Minyak untuk menggoreng
Langkah – langkah  membuatnya adalah  :
  • Pertama-tama kamu rebus singkong, bawang putih, ketumbar bubuk, baking powder, dan garam sampai merekah.
  • Setalah cukup empuk, kamu bisa angkat dan dinginkan.
  • Lalu kamu lumuri singkong dengan tepung bumbu serbaguna.
  • Setelah itu, gorenglah dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  • Setelah kekuningan kamu angkat dan sajikan dengan taburan keju parut di atasnya.
Nah, tanpa harus keluar rumah atau bertandang ke restoran, kamu sudah bisa menyajikan sendiri singkong keju lezat yang kaya akan karbohidrat dan protein. Singkong yang sebelumnya rasanya kurang nikmat, dengan olahan ini dijamin kamu jadi lahap menyantapnya.


6. Di balik nama yang belum terlalu terkenal, gandasturi adalah gorengan sehat dari kacang hijau yang kaya akan serat

Resep gandasturi yang yummi
Resep gandasturi yang yummi via indonesiaeats.com
Siapa bilang gorengan itu tidak sehat? Karena sekarang kamu bisa menciptakan gorengan sehat yang terbuat dari kacang hijau. Meski belum terlalu banyak dikenal orang, gorengan yang dinamai gandastri ini bisa jadi pilihan dalam list gorengan favoritmu. Nah, mau tahu cara buatnya? Simak baik-baik ya.
Bahan yang dibutuhkan :
  • 300 gram kacang hijau, rendam selama 1 jam (atau kamu bisa rebus menggunakan pressure cooker)
  • 1,3 liter air
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt vanili
  • 100 gram gula pasir
  • 1/8 sdt garam
Bahan yang digunakan untuk pelapis luar:
  • 150 gram tepung terigu
  • 3/4 sdt garam
  • 300 ml air
Cara membuat gampang kok, berikut ini langkah yang harus kamu ikuti :
  • Pertama rebus kacang hijau, daun pandan, dan vanili sampai kacang hijau lembut
  • Lalu masukkan gula pasir dan garam. Biarkan sampai gula hancur dan air mengering
  • Setelah itu kamu aduk kacang hijau hingga kalis. Kemudian kamu bentuk menjadi bulat pipih ketebalan 1/2 cm.
  • Nah, sembari membentuk adonan, kamu bisa menyiapkan celupan dengan cara mencampurkan semua bahan dalam wadah.
  • Setelah itu celupkan adonan kacang hijau yang sudah dibentuk
  • Lalu goreng hingga matang dan kulit kering.
Nah, praktis ‘kan? Gorengan satu ini bisa kamu nikmati saat minum kopi. Dengan gorengan kaya serat ini, harimu bisa jadi lebih berseri.


7. Kamu tahu apa itu surga? Makan pisang goreng kipas hangat-hangat di tengah cuaca hujan dan dingin yang melanda

Pisang goreng kipas yang nikmat
Pisang goreng kipas yang nikmat via cupubanget.deviantart.com
Selain mie rebus panas, pisang goreng kipas juga bisa menjadi surga saat musim hujan. Udara dingin bisa ditangkal dengan hangatnya pisang kepok kuning yang dibalut dengan tepung. Daripada ribet keluar rumah saat hujan sedang mengguyur, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Mau tau cara membuatnya? Gampang kok.
Bahan yang kamu butuhkan :
  • 12 buah pisang kepok kuning, dibelah hingga hampir putus membentuk kipas
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk adonan pencelup :
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 20 gram maizena
  • 25 gram gula tepung atau gula kasar
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 30 gram keju parut tipis (tidak wajib)
  • 225 ml air es (atau air biasa)
  • 1 sdm minyak goreng
Cara membuat gampang kok :
  • Pertama-tama kamu buat adonan pencelup, caranya campurkan tepung terigu, maizena, gula tepung, garam, baking powder, dan keju dalam satu wadah. Lalu aduk rata.
  • Lalu masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan minyak goreng dan aduk hingga rata.
  • Kemudian kamu celupkan pisang ke dalam adonan.
  • Setelah itu, kamu goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
  • Tunggu hingga kuning kecoklatan, dan angkat deh.
Pisang goreng kipas hangat siap menemanimu saat hujan, saat skripsian, hingga ngerumpi bareng teman kosan.
 Daripada kamu beli di pinggir jalan yang tidak terjamin kesehatannya, gak ada salahnya kamu coba bikin sendiri di rumah. Caranya yang mudah dan gak ribet menjadi jaminan bagi kamu yang gak bisa masak pasti bisa berhasil membuatnya.

dikutip dari http://www.hipwee.com/tips/7-resep-gorengan-yang-membuatmu-percaya-hidup-memang-tak-lengkap-tanpanya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar