Sabtu, 26 September 2015

Beda Negara, Beda Gaya Yoghurt

Beda Negara, Beda Gaya Femina
Sejumlah negara juga mengembangkan yoghurt, misalnya greek style yoghurt atau labneh. Merupakan yoghurt yang didapatkan yoghurt tawar dari susu (biasanya nonfat) yang telah disaring (dipisahkan whey­ atau cairannya) menggunakan kain saring hingga menghasilkan produk yoghurt yang lebih kental seperti custard. Soal nutrisi, khasiatnya sama dengan yoghut pada umumnya hanya lebih unggul dalam kandungan sodium, karbohidrat, dan protein, namun rendah lemak. Jenis ini sedang menjadi tren di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Masyarakat Balkan juga membuat yoghurt dari ragam jenis susu hewani (susu, kambing, atau domba). Ini adalah set yogurt yakni proses fermentasinya dilakukan langsung pada susu yang sudah dipanaskan dalam kemasan. Setelah menjadi yoghurt, tidak ditambahkan apa pun dan tidak diaduk sehingga teksturnya sangat kental (tebal).

Beda halnya dengan di Eropa, seperti di Swiss dan Prancis (Swiss style yogurt), yang kerap membuat yoghurt dengan proses yang sama dengan stairred yogurt. Susu hangat difermentasi dalam tong besar, kemudian ditambahkan perasa, pemanis, atau cokelat dan buah-buahan setelah menjadi yoghurt. Teksturnya lebih cair dibandingkan Balkan style yogurt (seperti puding susu). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar