Selasa, 13 Oktober 2015

Membuat Roti Dengan Metode Tangzhong

Resep yang saya tuliskan ini adalah 1/2 resep dari yang tertulis di justtryandtaste.com dan dichristinesrecipes.com. Namun dalam proses pembuatannya saya mengikuti teknik dari beberapa video di youtube yang telah saya lihat, menggunakan unsalted butter dalam suhu ruang tidak menggunakan mentega cair/olive oil.
JAPANESE MILK BREAD – ROTI EMPUK DENGAN METODE TANGZHONG (WATER ROUX) adaptasi dari christinerecipes.com
Bahan tangzhong/water roux:
  • 25 gr (3 tbs) tepung terigu serbaguna/protein tinggi (saya kecelakaan menggunakan tepung protein rendah, alhamdulillah tetap sukses hehe)
  • 125 gr air (saya menggunakan susu cair)
Bahan isian roti:
  • nuttella
  • chocolate spread
  • olahan isian keju, bisa dilihat caranya disini
Bahan roti:
  • 270 gr tepung protein tinggi (saya menggunakan 2 cup tepung komachi)
  • 43 gr gula pasir (saya menggunakan 1/4 cup gula pasir)
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt susu bubuk fullcream
  • 5.5 gr ragi instant (setengah bungkus ragi instant/kurang lebih 1/2 sdt lebih dikit hehe)
  • 1 butir telur ukuran sedang
  • resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux25 gr unsalted butter, dalam suhu ruang potong menjadi beberapa bagian
  • 30 ml whip cream + 25 ml susu cair (saya menggunakan 90 ml whipcream, karena menghabiskan stok yang ada)
Note: ukuran tbs/tsp yang saya gunakan menggunakan cup measurement ya karena jumlahnya tidak akurat sama dengan sdm/sdt biasa.
resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
Cara membuat tangzhong/water roux:
  1. Campur susu dan terigu, aduk hingga tidak ada gumpalan
  2. Panaskan kompor dalam api kecil, aduk-aduk terus hingga mengental
  3. Jika sudah tampak garis tebal ketika mengaduk, matikan dan aduk terus. Jangan sampai terlalu panas juga karena jika sudah berwarna kelabu maka tidak dapat digunakan lagi. Warna yang tepat masih berwarna putih.
  4. Jika sudah dimatikan, tutup dengan plastic wrap hingga dingin dan siap digunakan sambil kita mempersiapkan bahan-bahan lain.
resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
Cara membuat roti:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam mixer kecuali butter, pasang pengaduk roti. Jangan lupa water roux dimasukkan di sini ya.
  2. Aduk dengan kecepatan rendah (di mixer saya kecepatan 1) sampai adonan tercampur rata. Bantu dengan spatulla untuk di bagian samping agar semua bagian tercampur homogen.
  3. Setelah semua tercampur rata hingga membentuk seperti butiran-butiran lembab, masukkan mentega yang telah lembut di beberapa sisi. Aduk hingga rata.
  4. Naikkan mixer ke kecapatan lebih tinggi (kecepatan 2), kurang lebih 10-15 menit. Atau hingga adonan benar-benar kalis. Caranya dengan melakukan window pane test. Ah sayangnya saya lupa memotretnya. Intinya jika adonan itu kita rentangkan maka akan terlihat membran transparant yang tidak putus. Dan jika disobek, maka sobekannya akan rapi pinggirnya tidak ada grandulan-grandulan adonannya.
  5. Setelah kalis, pindah adonan yang ke dalam wadah yang telah dioles minyak. Bentuk bulat dan diamkan untuk proofing pertama sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung suhu ruangan. Intinya, hingga adonan mengembang 2 kali lipat maka sudah selesai. Jangan lupa olesi permukaannya dengan minyak dan tutup dengan plastic wrap.resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
  6. Jika sudah mengembang, kempiskan adonan. Karena saya ingin menggunakan loaf, saya bagi menjadi 3 bagian berusaha sama besar namun ternyata tidak haha. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
  7. Setelah 15 menit, ambil satu bongkah adonan. Gilas menggunakan rolling pin (saya pralon hehe) hingga melebar kemudian lipat kedua ujungnya, balik lagi gilas dan gulung dari ujung menjauh dan letakkan dalam loyang loaf bagian lipatan ada di bawah. Tutorialnya seperti ini jika tanpa isian, seperti yang saya ambil dari cristinerecipes.comcaramelipatrotijepang1caramelipatrotijepang02
  8. Jika menggunakan isian seperti saya. Saya isi dengan keju, nutella dan chocolate spread berikut caranya. Setelah digilas diisi dengan isian, tutup setengah bagian kemudian setengah bagiannya lagi. Cubit-cubit agar menutup rapat. Rapatkan dan cubit kedua ujungnya juga. Tidak usah dibalik langsung gilas dengan rolling pin dan gulung sampai ke ujung. Letakkan di loaf pan yang telah diolesi minyak/mentega dengan bagian gulungan di bawah.resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
  9. Lakukan hingga ketiga bagian selesai. Letakkan dengan manis di loyang, tutup dengan plastik/lap bersih. Diamkan kurang lebih 30-40 menit tergantung suhu ruangan hingga adonan mengembang dua kali lipat. Jangan lupa panaskan oven pada suhu 180’C.resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
  10. Oles dengan ovex dan siap dipanggang pada oven yang telah dipanaskan 30 menit sebelumnya pada suhu 180’C. Seperti yang saya sampaikan tadi, set dengan waktu 15 menit, keluarkan oles dan putar posisi loyang panggang lagi 15 menit. Menit ke 30 cek dengan ditepuk-tepuk jika sudah berbunyi ringan seperti ada lubang di dalamnya maka roti telah matang. Jika belum oles lagi, putar dan sesuaikan waktunya coba di 5 atau 10 menit karena mestinya roti sudah hampir matang.
  11. Setelah matang, keluarkan dan oles lagi dengan ovex segera keluarkan dari loyang agar jika uap panasnya sudah mulai menipis. Roti tidak boleh didiamkan terlalu lama dalam loyang, karena panasnya akan membuat loyang mengembun dan roti menjadi lembek dan basah.  Dinginkan dalam rak kawat.resep membuat roti empuk hokaido milky bread dengan metode tangzhong atau water roux
Ok, done! Roti sudah siap disantap, jika tidak sabar lidah bisa terbakar isian coklat hehehe.. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Saya sisakan satu untuk Anda.
dikutip dari http://cookingasyik.com/2014/09/28/japanese-milk-bread-roti-empuk-dengan-metode-tangzhong-water-roux/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar