Selasa, 13 Oktober 2015

Ragam Jenis Kulit Dalam Dunia Kuliner


Bungkus membungkus makanan tampaknya bukan sesuatu yang baru di dunia kuliner. Sejak lama orang sudah mengadoni tepung menciptakan lembaran tipis yang kemudian diisi bahan makanan sehingga tercipta penganan yang enak. Yuk kita kenal aneka kulit dalam dunia kulinersebagai pembungkus makanan yang biasa dibuat orang.

Membungkus makanan dengan sesuatu yang bisa dimakan biasa dilakukan orang. Tujuannya antara lain untuk :
  • -    Melindungi  adonan isi yang karakternya tidak kompak atau bertebaran, hingga tidak berceceran.  Dalam hal ini kehadiran kulit juga memudahkan orang saat disantap.
  • -    Melindungi adonan isi dari panas berlebihan.
  • -    Memberi tampilan yang indah karena kulit bisa kita bentuk, bahkan juga bisa kita beri motif.
  • -    Pada jenis kulit tertentu, dapat menimbulkan rasa krispi yang sering disukai orang.
  • -    Menimbulkan rasa ingin tahu terhadap  isi di dalam kulit hingga membangkitkan keinginan untuk menyantapnya.

KULIT SIAP PAKAI
Dahulu orang membuat kulit sendiri dari adonan tepung. Sampai saat ini pun beberapa kulit masih dibuat sendiri seperti pai, misalnya. Tetapi sesungguhnya ada beberapa jenis kulit siap pakai yang sudah tersedia di toko. Inilah contohnya:

1.KULIT LUMPIA
Kulit lumpia Indonesia sedikit berbeda dengan kulit lumpia kuliner western (yang sebetulnya didapat dari Asia). Kulit lumpia kita lebih mudah sobek. Kita bisa menggunakan keduanya untuk membuat berbagai kudapan seperti lumpia (basah atau goreng), samosa, martabak.

2. FILLO PASTRY
Ini merupakan lembaran yang sangat tipis sehingga penggunaannya sering ditumpuk-tumpuk. Kulit ini digunakan untuk kue-kue di Timur Tengah, Balkan, dan Yunani. Biasanya setelah ditumpuk, lembaran kulit ini akan diisi dengan kacang atau bahan lainnya. Makanan yang terkenal yang dibuat dari fillo pastry adalah baklava yang diisi kacang dan sirop.Tentu isinya bisa juga asin seperti campuran bayam, daging, dan keju.

3. KULIT PANGSIT
Kulit pangsit yang dijual biasanya buatan rumah tangga biasa. Dari kulit ini bisa dibuat pangsit rebus, pangsit goreng, atau pastel.

4. KULIT PASTRY
Kulit pastry yang berlapis-lapis itu sudah ada yang menjualnya sehingga kita bisa membuat pastry jenis apa saja dengan mudah. Kulit ini dibuat dari campuran tepung dan pastry margarin atau korsvet yang menciptakan lapisan  jumlahnya bnayak dan renyah.
Isinya bisa sangat beraga. Mulai dari sosis, cokleat, atau buah lainnya.

5. KULIT SIOMAY
Kulit siomay mirip dengan kulit pangsit. Hanya lebih lentur dan lebih tipis. Gunanya untuk membuat siomay, tetapi kadang dibuatkan makanan serupa seperti  guotie. Kulit siomay juga sering digunakan orang untuk membuat pangsit rebus.

6. KULIT TAHU 
Kulit tahu yang tipis sering dijadikan lumpia kulit tahu. Dijual kering. Kita tinggal merendamnya lantas memotongnya dalam ukuran tertentu dan mengisinya. Kudapan dari kulit tahu umunnya digoreng supaya renyah.

7. RICE PAPER
Kulit dari tepung beras ini tipis dan sangat putih warnanya sehingga isinya bisa terlihat. Dengan begitu akan terlihat cantik bila berisi aneka sayuran warna-warni. Lumpia yang dibuat oleh orang Vietnam dibuat dari rice paper.

KULIT YANG DIBUAT SENDIRI
Beberapa jenis kulit tidak dijual orang secara siap pakai. Beberapa harus kita buat sendiri, yaitu:
  • -Kue dadar
    Kue dadar  dibuat dari campuran tepung, susu, dan telur yang dibuat encer sekali lantas didadar tipis-tipis. Kulit dadar di Indonesia diwarnai hijau lantas diisi unti. Atau diisi vla lantas diberi nama panekuk. Kulit dadar bisa diisi beragam bahan makanan. Misal, daging, sayuran, atau keju. Kadang hanya disajikan bersama es krim.
  • -Ravioli
    Ini adalah pasta yang biasa digunakan untuk membungkus isi yang berupa daging, keju, dan atau bayam. Bentuknya kotak. Isinya diletakkan di antara tumpukan dua lembar kulit. Kulit  ravioli harus kita buat sendiri dengan gilingan mi.
  • -Hakau
    Kulit hakau belum ada yang  menjualnya. Anda harus membuatnya sendiri dari campuran tepung tiangmien. Tepung ini bisa dibeli di pasar tradisional. Teksturnya mirip  tepung kanji karena memang dibuat dari kanjinya kanji.
    Penggunaan tepung tangmien ini membuat kulit hakau jadi jernih. Hakau masuk dalam kelompok dimsum. Isinya udang.

dikutip dr http://www.sajiansedap.com/article/detail/798/aneka-kulit-dalam-dunia-kuliner#.Vh0bgvntmko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar