Selasa, 13 Oktober 2015

Ragam Jenis Wajan Menurut Fungsinya


Semakin hari kebutuhan akan wajan semakin beragam. Alhasil, sekarang ada banyak wajan dijual di pasaran dengan beragam fungsi. Supaya tidak salah pilih, mari kenali jenis-jenis wajan menurut fungsinya.  


      Bagi sebagian orang, menggunakan satu wajan saja mungkin sudah cukup. Satu wajan itu bisa digunakan untuk berbagai fungsi, dari menggoreng, menumis, memanggang, hingga memasak makanan berkuah. Tapi, bagi sebagian orang lainnya, butuh beberapa jenis wajan untuk memenuhi berbagai fungsi. Nah, buat yang masuk kategori ini, tentu harus tahu dulu jenis-jenis wajan menurut fungsinya. Kalau belum tahu, silahkan baca penjelasan berikut.  
Frypan


      Wajan jenis ini fungsinya untuk menumis atau menggoreng dengan sedikit minyak. Itu sebabnya, bentuknya agak datar. Frypan biasanya tersedia dalam beragam ukuran. Kita bisa memilih frypan yang sesuai dengan porsi masakan yang biasa kita bikin.

Wok

Hasil gambar untuk wok
      Wok juga tersedia dalam beragam ukuran. Tapi, bentuknya tidak datar, melainkan cekung. Kenapa cekung? Karena fungsi wok adalah untuk menggoreng dengan minyak banyak. Sehingga, wok harus berbentuk cekung supaya bisa menampung minyak banyak dan membuat bahan masakan terendam dalam minyak.

Saucepan


      Wajan yang satu ini biasanya ukurannya tidak terlalu lebar. Hanya sekitar 14 cm hingga 18 cm saja. Tapi bentuknya cekung sangat dalam. Soalnya saucepan biasa digunakan untuk membuat saus.
Stock Pot


      Bentuknya lebih mirip panci sebetulnya. Tapi, selain bisa digunakan untuk memasak makanan berkuah, stock pot juga bisa digunakan seperti wajan, yaitu menggoreng dengan minyak yang sangat banyak, yang merendam keseluruhan bahan masakan.
Grill Pan dan Griddle Pan
Hasil gambar untuk grill pan

      Dua-duanya fungsinya untuk memanggang. Bedanya adalah dibentuknya. Kalau grill pan bentuknya bergerigi permukaan dalamnya, supaya bisa menghasilkan tekstur naik-turun pada hasil panggangan. Sedangkan griddle pan digunakan untuk hasil panggangan dengan tampilan yang polos atau tidak bertekstur. 

dikutip dr http://www.sajiansedap.com/article/detail/863/jenis-jenis-wajan-menurut-fungsinya

1 komentar:

  1. I like your blog a lot. Its informative and full of information. Thank you for sharing.

    BalasHapus