Jumat, 22 April 2016

Mewarnai dan Menangani Icing

Walau sedikit, penambahan pewarna makanan memengaruhi tampilan icing agar cake menjadi lebih harmonis. Teteskan sedikit pewarna menggunakan ujung tusuk gigi. Aduk rata hingga didapat warna yang diinginkan. Selalu gunakan tusuk gigi baru saat menggunakan warna lain.

Intensitas warna tiap icing tidak akan sama, meski ditambahkan jumlah pewarna yang sama. Pada buttercream, kepekatan warna akan bertambah setelah 1-2 jam diberi pewarna. Sedangkan pada royal icing dibutuhkan pewarna dalam jumlah yang lebih banyak 

dibandingkan pada buttercream untuk mendapatkan warna serupa.

Pastikan mewarnai icing sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Jika icing yang sudah diwarnai habis, Anda akan kesulitan mendapatkan icing dengan  warna yang serupa. Untuk fondant, teteskan pada beberapa titik. Uleni adonan fondant hingga warnanya rata. 


dikutip dari http://www.femina.co.id/tip-masak/arnai-dan-menangani-icing




Tip Menangani Icing

  • Saat mengoles buttercream atau royal icing, usahakan spatula tidak menyentuh permukaan cake. Letakkan icing di bagian tengah, ratakan hingga bagian pinggirnya. Begitu pula dengan bagian samping, oles hingga merata.
  • Untuk memperhalus icing, masukkan spatula dalam air panas, bersihkan hingga kering, lalu sapukan ke seluruh permukaan icing. Agar icing mudah teroles rata, tambahkan 3-4 sendok makan sirop jagung ke dalam adonan icing.
  • Untuk membuat hiasan, masukkan icing ke dalam piping bag hingga ½ atau ? bagian. Jika terlalu penuh, icing bisa membeludak. Untuk memastikan tidak ada udara yang terjebak, lakukan burping, yakni tekan piping bag hingga icing keluar sedikit.
  • Saat menggilas fondant atau marzipan, taburi permukaan alas dan rolling pin dengan gula bubuk atau tepung maizena agar tidak lengket. Angkat fondant dengan rolling pin, letakkan di atas cake, ratakan. Untuk hasil maksimal, gunakan fondant smoother

Tidak ada komentar:

Posting Komentar