Selasa, 02 Agustus 2016

Bumbu Siap Pakai Buatan Sendiri



Bumbu Merah
Bumbu merah untuk makanan berkuah pedas atau tumis pedas. Seperti sambal goreng, tumis pedas sayuran, balado dan nasi goreng. Bumbu merah bisa tahan hingga 3 minggu dalam penyimpanan kulkas. Bahan untuk membuat bumbu merah terdiri dari 400 gr cabai merah (buang biji), 100gr bawang merah, 50gr bawang putih, 100gr tomat, 20gr terasi, 100gr gula pasir, 15gr garam, dan 200ml minyak goreng.
Campur semua bahan kecuali 100ml minyak goreng dan gula pasir. Masukan bahan dalam blender, proses hingga lembut. Selanjutnya tumis bumbu hingga cairan habis dan kering, lalu tambahkan gula pasir dan sisa minyak. Masak hingga matang dan berminyak. Angkat, diginkan, siap digunakan atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Bumbu Putih
Bumbu putih sangat fleksibel penggunaanya. Hampir semua masakan bisa menggunakan bumbu ini. Meski fleksibel, bumbu putih paling pas untuk sop, tumis sayuran, cah sayuran, semur, nasi goreng dan mie goreng. Jika anda ingin menggunakan bumbu putih untuk masakan pedas tambahkan cabai dan merica.
Bahan untuk membuat bumbu putih adalah 250gr bawang merah, 100gr bawang putih, 50gr kemiri, 3cm lengkuas (iris halus), 2sdt garam, 2sdt gula pasir dan 200ml minyak goreng. Campur semua kecuali 100ml minyak goreng dan gula, blender hingga lembut. Tumis bumbu halus hingga kesa, tambahkan sisa minyak dan gula. Masak hingga bumbu matang dan berminyak. Angkat, dinginkan.

Bumbu Oranye
Bumbu oranye adalah perpaduan bumbu merah dan kuning. Rasanya gurih, sedikit pedas dan warnanya cerah. Bumbu ini pas untuk olahan makanan dengan rasa gurih, sedikit pedas seperti kalio, sayur lodeh, balado, kare dan rica – rica.
Untuk membuat bumbu oranye dibutuhkan 300gr cabai merah (tanpa biji), 1sdt jinten, 1sdt adas manis bubuk, 2 ½ sdm ketumbar bubuk, 100gr kemiri, 150gr bawang putih, 500gr bawang merah, 25gr kunyit, 20gr jahe, 2sdt merica, 3 ½ sdt garam, 2sdt gula dan 200ml minyak goreng.
Cara membuat campur semua bahan keculai gula dan 50ml minyak goreng, blender bahan hingga lembut. Kemudian tumis bumbu hingga cairan habis dan kesat. Tambahkan minyak goreng dan gula pasir, hingga matang dan berminyak. Angkat, dinginkan.

Bumbu Kuning
Bumbu kuning cocok untuk hidangan gurih bersantan seperti gulai, soto, acar sayuran, laksa, rendang, dan kare.
Komposisinya terdiri dari 100gr kemiri, 150gr bawang putih, 500gr bawang merah, 25gr kunyit, 20gr jahe, 20gr lengkuas, 1sdm merica, 2 ½ sdt garam, 2 sdt gula, dan 200ml minyak goreng.
Campurkan semua bahan keculai 50ml minyak goreng dan gula. Blender hingga lembut lalu tumis hingga kesat. Tuangkan sisa minyak dan gula. Masak hingga bumbu matang dan berminyak. Angkat, dinginkan.

PADU PADAN BUMBU

Untuk menyempurnakan rasa, 4 jenis bumbu siap pakai diatas membutuhkan sedikit rempah daun dan rempah kering. Berikut ini padu padan bumbu dengan rempah penyempurnanya:


  • ·         Opor Kuning : bumbu putih + kunyit bubuk + daun salam + lengkuas

  • ·         Tekwan : bumbu putih + rebon + bunga sedap malam

  • ·         Lodeh Nangka : bumbu putih + daun salam

  • ·         Semur Daging : bumbu putih + lengkuas + daun salam +cengkeh + kecap manis

  • ·         Semur Ayam : bumbu putih + lengkuas + daun salam + cengkeh + kayu manis + kecap manis

  • ·         Botok Ayam :  bumbu putih + daun salam + daun kemangi

  • ·         Soto : bumbu kuning + daun jeruk + serai + daun bawang

  • ·         Gulai :  bumbu kuning + cabai giling + daun salam + kapulaga + pala + kayu manis + pekak + adas manis

  •            Opor Putih : bumbu putih + lengkuas + daun salam

  • ·         Laksa : bumbu kuning + daun jeruk + serai + jeruk nipis

  • ·         Tom Yam : bumbu merah + serai + daun ketumbar + jahe + lengkuas + air jeruk nipis

  • ·         Rawon : bumbu kuning + cabai giling + kluwek + daun bawang + daun jeruk + serai

  • ·         Nasi Goreng Pedas : bumbu merah + bawang bombay + merica bubuk

  • ·         Balado : bumbu merah + daun jeruk + asam kandis

  • ·         Sayur Asem : bumbu merah + belimbing sayur + asam jawa

  • ·         Rendang : bumbu oranye + pekak + kapulaga + serai

  • ·         Kalio : bumbu oranye + cengkeh + kapulaga


Agar Bumbu Tahan Lama

Penanganan bumbu jadi yang matang mengambil peranan penting dalam memperpanjang usia konsumsinya. Supaya bumbu siap jad yang tidak cepat rusak dan tahan lama. Berikut tipsnya:

·         Dinginkan bumbu hingga benar – benar dingin. Masukan dalam wadah atau botol kaca yang telah disterilkan (direbus dalam air mendidih selama 15 menit) lalu keringkan.
·         Tutup rapat kemasa botol yang telah diisi bumbu
·         Jangan menyimpan bumbu dalam wadah besar sekaligus. Bagi bumbu dalam beberapa wadah berukuran kecil.
·         Bumbu siap saji dapat disimpan dalam lemari es selama 3 minggu atau dalam frezzer untuk jangka waktu yang lebih panjang lagi.
·         Bumbu yang telah dikeluarkan dari frezzer dan mencair jangan dibekukan kembali, sebaiknya gunakan hingga habis dalam sekali pengolahan makanan.
·         Jika harus dibekukan kembali, tumis lagi bumbu hingga benar – benar panas, setelah itu didinginkan dan dibekukan kembali. Perlu diingat pemanasan ulang bumbu tidak boleh lebih dari 2 kali. Karena rasa serta aromanya akan rusak.

Dikutip dari tabloid nyata
I juli 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar