Kamis, 08 Maret 2018

Ketahui 5 Bahan Pengganti Butter

Mengonsumsi kue dan biskuit yang mengandung banyak butter alias mentega dari susu sapi tentunya bisa memicu kenaikan berat badan. Jika Anda dapat mengganti sebagian atau seluruh butter dari resep kue favorit Anda, maka akan sangat mengurangi kandungan kalori, lemak, dan kolesterol di dalamnya. 

Ada banyak cara sehat untuk menggantikan butter. Salah satunya dengan memanfaatkan lima bahan berikut, yang juga dapat dikonsumsi para vegetarian.

Saus apel
Saus apel sering digunakan untuk menggantikan minyak dalam resep serta dapat pula digunakan sebagai alternatif pengganti butter saat memanggang kue. Ganti setengah dari jumlah butter yang tertera dalam resep dengan saus apel. Jika Anda menginginkan kue atau roti yang lebih padat dan lebih lembab, seperti dilansir dari Fit Sugar, ganti seluruh butter dengan saus apel untuk menghindari kalori dan lemak.

Avokad

Ganti setengah jumlah butter dalam resep dengan avokad yang sudah dihaluskan. Cara ini sangat cocok digunakan dalam resep biskuit. Anda tidak hanya menurunkan jumlah kalori namun juga membuat kue atau biskuit yang lebih lembut, dan sangat sempurna jika Anda ingin menghindari pemakaian produk susu.

Minyak canola

Dalam resep-resep tertentu, mengganti butter dengan minyak tetap akan menghasilkan kue yang lezat, terutama jika dalam resep tercantum melted butter. Campurkan minyak canola dengan adonan kue. Walaupun mengandung kalori yang cukup tinggi namun minyak canola sangat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

Greek yogurt
Gantikan setengah butter yang terdapat pada resep biskuit Anda dengan fat plain greek yogurt untuk mengurangi kalori dan lemak jenuh. Anda dapat bereksperimen dengan menggunakan lebih banyak yogurt dan lebih sedikit butter, kemudian lihat apakah Anda masih menyukai rasa dan konsistensinya.

Prune purée

Prune adalah sebutan buah plum yang telah dikeringkan, sedangkan prune purée adalah plum kering yang dicampur dengan air kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender. Prune purée juga merupakan alternatif pengganti butter yang lebih rendah kalori dan rendah lemak.
Berapapun banyaknya butter yang tertera dalam resep kue yang akan Anda buat, gantikan dengan prune purée. Pilihan ini juga dapat diterapkan pada resep kue yang memakai cokelat dan kayu manis sebagai salah satu bahan campurannya.

di kutip dari https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/350568-ketahui-5-bahan-pengganti-butter

2 komentar:

  1. avokadnya 1 bagian untuk 1/2 butter? gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, iya ka kurang lebihnya seperti itu takarannya menyesuaikan saja ka.. terimakasih semoga jawabannya membantu

      Hapus