Sabtu, 07 April 2018

Si Manis Kurma Yang Berkhasiat

sumber foto: https://www.pngdownload.id/png-vccd10/


Berbagai jenis kurma menjadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Karena banyak dicari untuk dijadikan takjil atau berbagai olahan makanan yang lezat.
Arab Saudi memiliki 400 jenis kurma, di berbagai negara lain seperti Tunisia, Irak, Mesir masih banyak lagi jenis kurma yang memiliki beragam tekstur dan cita rasa. Tanah dan kondisi alam yang unik disetiap daerah membuat tekstur dan rasa tiap jenis kurma berbeda.

Manfaat Kurma
Buah favorit Rasulullah ini sering dijumpai dan dikonsumsi dibulan ramadhan. Kurma termasuk buah yang direkomendasikan untuk konsumsi rutin karena mengandung banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Memperbaiki Sel Yang Rusak
Kurma adalah salah satu sumber vitamin B5 atau asam pantotenat. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi sel – sel kulit karena dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, jika anda ingin mendapat kulit sehat dan cantik alami tak ada salahnya mengonsumsi kurma secara teratur.

Menjaga Kesehatan kulit
Kurma berperan sebagai sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan sel –sel kulit kering yang mati. Dengan rutin mengonsumsi kurma kulit anda akan senantiasa teregenerasi sehingga anda selalu memiliki kulit sehat, cerah dan bercahaya.

Penuaan Dini
Penelitian membuktikan kalau buah kurma mengandung antioksidan tinggi yang ampuh untuk mencegah kerusakan sel tubuh karena pengaruh buruk radikal bebas. Tak hanya bekerja didalam tubuh, antioksidan dalam kurma juga dapat  menangkal radikal bebas yang menyerang kulit dari luar. Konsumsi kurma secara teratur, kulit akan terhindar dari radikal bebas sehingga awet muda dan kencang lebih lama.

Menjaga Kesehatan Rambut
Vitamin B5 atau asam pantotenat merupakan salah satu nutrisi paling penting bagi kesehatan rambut. Dan kurma merupakan sumber vitamin B5 yang baik. Dengan konsumsi kurma secara teratur, anda bisa mencegah beberapa masalah rambut seperti rambut kering, rapuh, dan bercabang.


Menyehatkan Kulit Kepala dan Akar Rambut
Jika anda menderita berlebihan rambut rontok, makan kurma secara teratur bisa membantu mengatasinya. Ini memberikan nutrisi ke akar rambut serta kulit kepala dan membuat rambut anda lebih kuat.

Pilah – Pilih Kurma
Agar mendapatkan kurma denga kualitas terbaik, berikut tipsnya:
·         Pilih kurma dengan kemasan baik. Jika anda membeli dipinggir jalan hindari memilih buah dengan kemasan yang kotor. Debu dan asap akan memengaruhi rasa dan kualitas  serta kebersihan kurma.
·         Telitilah buah kurma saat akan membeli. Lihat bagian kulit arinya pilih buah kurma yang kulit arinya masih utuh dan belum terkelupas.
·         Buah kurma yang baik memiliki bentuk yang besar. Pilihlah kurma yang besar karena buah kurma yang kecil berarti sudah terlalu lama hingga mengering.
·         Pegang buah kurma dan pilihlah yang tidak lengket. Kurma yang baik dan manis tidak memerlukan tambahan gula atau madu. Ini biasanya merupakan trik si penjual karena kurma yang kurang baik.
·         Pilih kurma dengan warna coklat, merah, dan kekuningan. Jika terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama.
·         Pilih kurma dengan batang yang masih utuh, ini dipercaya dapat mempertahankan rasa manis buah kurma


Simpan Dengan Baik
Semakin lama kurma disimpan teksturnya akan semakin lunak dan rasanya akan semakin manis. Semua jenis kurma bisa digunakan sebagai bahan pendukung dalam pembuatan puding, cake, coklat dan minuman. Bahkan beberapa negara menikmati kurma dengan memasukan kacang – kacangan dan keju kedalamnya. simpan kurma ditempat yang kering dan dalam wadah kedap udara. Agar kurma tidak berjamur, dan dapat bertahan lama tanpa merusak rasa, warna dan aroma.

untuk gambar silahkan searching di google image, terimakasih.

Dikutip dari tabloid Nova 1475 XXIX 30 MEI – 5 JUNI 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar