Sabtu, 07 April 2018

Si Manis Kurma Yang Berkhasiat


Berbagai jenis kurma menjadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Karena banyak dicari untuk dijadikan takjil atau berbagai olahan makanan yang lezat.
Arab Saudi memiliki 400 jenis kurma, di berbagai negara lain seperti Tunisia, Irak, Mesir masih banyak lagi jenis kurma yang memiliki beragam tekstur dan cita rasa. Tanah dan kondisi alam yang unik disetiap daerah membuat tekstur dan rasa tiap jenis kurma berbeda.

Aneka Jenis
Dari ratusan buah kurma, terdapat beberapa jenis yang terbilang paling popular dan digemari berbagai masyarakat didunia. Berikut diantaranya:

Thoory
Sering pula disebut thuri, buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna coklat kemerahan dan ketika diawetkan, warnanya berubah menjadi kebiru – biruan. Kulitnya pun sangat keriput. Daging buahnya agak keras dan rasanya manis serta dapat sentuhan rasa kacang. Kurma ini juga cukup tahan lama jika disimpan. Di Indonesia, kurma jenis ini juga cukup banyak ditemui.
Khidri
Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang berisi isian coklat, almond dan sebagainya. Berestns merah tua, tekstur kurma ini manis sehingga cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki cita rasa.
Amer Hajj
Merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Memiliki daging yang tebal dan bertekstur lembut dengan kulit tipis, kurma ini seringkali disebut the visitor’s date karena masyarakat Irak umunya menyajikannya sebagai kudapan bagi tamu yang datang kerumah mereka.
Ajwa
Banyak yang menyebutkan kurma ini sebagai kurma nabi. Berwarna hitam gelap, kurma yang hanya tumbuh di Madinah ini berteksur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis.
Zaghloul
Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang menyerupai melinjo. Biasanya kurma yang satu ini disajikan sangat garing. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Hal tersebut yang membuatnya eksklusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal.
Sekkeri
Walaupun warnanya coklat gelap, kurma sekkeri memiliki daging buah yang begitu lembut dan cita rasa manis yang khas. Hal tersebutlah yang membuat kurma yang hampir berbetuk bulat ini cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.
Mozafati
Sebagian besar tumbuh di provinsi Kerman, Iran, kurma ini sering dijuluki kurma bam. Biasanya masyarakat setempat mengkonsumsinya ketika masih segar. Walaupun begitu, jika disimpan pada suhu minus lima derajat celcius, kurma jenis ini dapat disimpan hingga dua tahun. Warnanya yang gelap dan ukurannya yang sedang membuat kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan daging yang lembut.
Deglet Noor
Berwarna kuning keemasan, kurma deglet noor merupakan varietas unggul yang sangat populer di Libya, Tunisia, Algreria, dan Amerika. Nama kurma ini berarti cahaya karena warna buahnya yang menyerupai warna sinar matahari. Kurma ini juga memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis.
Sekki
Kurma yang satu ini memiliki warna yang unik yaitu warna kekuningan dibagian atas dan warna kecoklatan di bagian bawah. Daging yang berwarna kekuningan memiliki tekstur yang lebih keras sedangkan yang kecoklatan lebih empuk dan kenyal. Walaupun begitu cita rasa kurma sekki ini tidak terlalu manis.
Khalasah
Varietas ini populer di Arab Saudi karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu tinggi sehingga cukup banyak disukai. Buah kurma ini seringkali disebut dengan khlas dan tumbuh di Huffuf juga Qatif di bagian timur Arab Saudi.

Manfaat Kurma
Buah favorit Rasulullah ini sering dijumpai dan dikonsumsi dibulan ramadhan. Kurma termasuk buah yang direkomendasikan untuk konsumsi rutin karena mengandung banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.


Memperbaiki Sel Yang Rusak
Kurma adalah salah satu sumber vitamin B5 atau asam pantotenat. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi sel – sel kulit karena dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, jika anda ingin mendapat kulit sehat dan cantik alami tak ada salahnya mengonsumsi kurma secara teratur.
Menjaga Kesehatan kulit
Kurma berperan sebagai sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan sel –sel kulit kering yang mati. Dengan rutin mengonsumsi kurma kulit anda akan senantiasa teregenerasi sehingga anda selalu memiliki kulit sehat, cerah dan bercahaya.
Penuaan Dini
Penelitian membuktikan kalau buah kurma mengandung antioksidan tinggi yang ampuh untuk mencegah kerusakan sel tubuh karena pengaruh buruk radikal bebas. Tak hanya bekerja didalam tubuh, antioksidan dalam kurma juga dapat  menangkal radikal bebas yang menyerang kulit dari luar. Konsumsi kurma secara teratur, kulit akan terhindar dari radikal bebas sehingga awet muda dan kencang lebih lama.
Menjaga Kesehatan Rambut
Vitamin B5 atau asam pantotenat merupakan salah satu nutrisi paling penting bagi kesehatan rambut. Dan kurma merupakan sumber vitamin B5 yang baik. Dengan konsumsi kurma secara teratur, anda bisa mencegah beberapa masalah rambut seperti rambut kering, rapuh, dan bercabang.
Menyehatkan Kulit Kepala dan Akar Rambut
Jika anda menderita berlebihan rambut rontok, makan kurma secara teratur bisa membantu mengatasinya. Ini memberikan nutrisi ke akar rambut serta kulit kepala dan membuat rambut anda lebih kuat.

Pilah – Pilih Kurma
Agar mendapatkan kurma denga kualitas terbaik, berikut tipsnya:

·         Pilih kurma dengan kemasan baik. Jika anda membeli dipinggir jalan hindari memilih buah dengan kemasan yang kotor. Debu dan asap akan memengaruhi rasa dan kualitas  serta kebersihan kurma.

·         Telitilah buah kurma saat akan membeli. Lihat bagian kulit arinya pilih buah kurma yang kulit arinya masih utuh dan belum terkelupas.

·         Buah kurma yang baik memiliki bentuk yang besar. Pilihlah kurma yang besar karena buah kurma yang kecil berarti sudah terlalu lama hingga mengering.

·         Pegang buah kurma dan pilihlah yang tidak lengket. Kurma yang baik dan manis tidak memerlukan tambahan gula atau madu. Ini biasanya merupakan trik si penjual karena kurma yang kurang baik.

·         Pilih kurma dengan warna coklat, merah, dan kekuningan. Jika terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama.

·         Pilih kurma dengan batang yang masih utuh, ini dipercaya dapat mempertahankan rasa manis buah kurma


Simpan Dengan Baik
Semakin lama kurma disimpan teksturnya akan semakin lunak dan rasanya akan semakin manis. Semua jenis kurma bisa digunakan sebagai bahan pendukung dalam pembuatan puding, cake, coklat dan minuman. Bahkan beberapa negara menikmati kurma dengan memasukan kacang – kacangan dan keju kedalamnya. simpan kurma ditempat yang kering dan dalam wadah kedap udara. Agar kurma tidak berjamur, dan dapat bertahan lama tanpa merusak rasa, warna dan aroma.

Dikutip dari tabloid Nova 1475 XXIX 30 MEI – 5 JUNI 2016



Tidak ada komentar:

Posting Komentar