Selasa, 16 Desember 2014

Ragam Jenis Kacang Kacangan (Nuts)

Kacang itu jenisnya banyak banget, lho. Masing-masing jenis pun memiliki bentuk dan rasa yang berbeda. Tapi, satu hal yang menjadi kemiripan dari semua jenis kacang ini, yaitu sangat berguna sebagai bahan masakan dan bergizi tinggi. Yuk, kita kenalan sama cemilan yang satu ini.

Almond
Jenis kacang ini paling sering digunakan dalam memasak makanan. Seperti dicampur dalam kue kering, cokelat, sampai minuman. Menurut penelitian, kacang yang berbentuk lonjong ini kaya vitamin dan kalsium. Kabarnya Almond juga mengandung Arginine, sejenis asam amino yang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Karena zat ini bisa menurunkan kolesterol dan membersihkan pembuluh darah. 







Cashew Nut
Kacang yang berasal dari biji jambu ini, adalah kacang nomor dua setelah Almond, yang beken menjadi campuran makanan. Saking enaknya, kacang yang kita kenal dengan nama kacang mete/mede ini dijual utuh dalam kemasan sebagai snack. Kacang ini memiliki lemak paling rendah daripada jenis kacang yang lain. 65 persen dari lemaknya adalah asam lemak tak jenuh. Kacang ini juga kaya asam oleat, yaitu asam lemak sehat yang biasa ditemukan pada minyak zaitun. Sehat!






Macademia
Kacang asal Australia ini memiliki bentuk bulat dan warna kekuningan. Rasanya kacang ini agak unik, karena creamy dan manis. Kita pasti sering deh, menemukan kacang ini dalam cokelat dan ice cream. Kacang ini punya kandungan lemak nabati, protein, serat, magnesium dan mineral yang efektif menurunkan kadar kolesterol. 







Pistachio

Di antara semua jenis kacang, Pistachio adalah salah satu kacang yang memiliki warna yang menarik, yaitu hijau terang. Makanya kacang ini sangat cantik untuk hiasan makanan dan juga sering digunakan sebagai isi pie, campuran rasa cookies, ice cream atau cake. Kacang ini kaya protein, karbohidrat, dan lemak tak jenuh yang tinggi.  Makanya punya efek mengenyangkan sehingga cocok jadi cemilan diet.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar