Selasa, 30 Desember 2014

Apa Itu Roux

Sebagai bahan pengental yang digunakan adalah bahan pengental yang banyak mengandung tepung. Roux paling banyak digunakan sebagai leading sauce atau saus dasar. Roux ini merupakan hasil olahan campuran yang seimbang antara tepung dan lemak.

Ada 3 cara pengolahan Roux yaitu:

1.    White Roux
Yaitu roux yang dimasak hanya beberapa menit, sekedar cukup untuk menghilangkan rasa tepung. Pengolahan roux dihentikan manakala roux sudah berbusa, seperti pasir dan pucat. Roux ini digunakan untuk saus dasar putih atau yang menggunakan cairan susu.

2.    Blond Roux
Waktu pengolahan blond roux lebih lama sedikit dibandingkan dengan white roux. Bila pengolahan roux mulai terjadi perubahan maka segera dihentikan. Hasilnya warna roux kekuningan pucat. Blond roux digunakan untuk veloute saus dan hasil saus lainnya yang menggunakan dasar saus putih.

3.    Brown Roux


Waktu pengolahan roux cukup lama, sampai diperoleh warna terang dan beraroma seperti kacang. Pengolahan roux harus menggunakan panas rendah, sampai diperoleh warna coklat yang tidak gosong. Untuk mendapatkan warna coklat tua sebelum tepung itu digunakan maka dapat dicoklatkan dulu dalam oven, tetapi kemampuan mengentalkan tepung ini hanya sepertiga dari white roux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar