Kamis, 21 Agustus 2014

Perbedaan Soun, Bihun & Misoa


Salah satu bahan yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan berkuah, misalnya dalam resep soto ayam , adalah bihun, soun, ataupun misoa. Kalau diperhatikan secara sekilas, 3 bahan ini memang tampak mirip. Tapi, sebenarnya bihun, soun, dan misoa itu berbeda satu sama lain. Apa sih perbedaan ketiga bahan yang serupa ini?

v  Soun alias glass noodles atau mung bean noodles biasanya terbuat dari pati kacang hijau. Tapi, sekarang Anda juga bisa menemukan soun yang terbuat dari kentang, ubi, ataupun singkong. Seperti bihun, soun terlihat transparan. Tapi, salah satu ciri soun yang membedakannya dengan bihun dan misoa adalah teksturnya yang licin setelah dimasak. Untuk memasak soun, Anda tidak perlu merebusnya. Cukup rendam soun dalam air mendidih selama 5-15 menit sampai soun melunak . Kalau Anda akan menyajikannya dalam resep soto ayam atau sop,Anda tidak perlu memasaknya terlebih dulu.
v  Bihun Walaupun sama-sama transparan, tapi bihun lebih tipis dibandingkan soun dan tekstur bihun setelah dimasak tidak selicin soun . Bahan makanan ini terbuat dari tepung beras, sehingga disebut juga rice vermicelli. Bihun bisa dimasak dengan cara merendamnya dalam air panas selama 5-7 menit sebelum memasukkannya ke dalam sup atau soto. Kalau Anda akan menggunakan bihun dalam resep soto ayam atau sup, bihun hanya perlu dimasak selama 1 menit.
v  Misoa Berbeda dengan bihun dan soun, misoa biasanya berwarna agak putih dan tidak transparan . Perbedaan lainnya terdapat dari bahan utama pembuat misoa, yaitu tepung terigu. Tekstur misoa yang lembut membuat bahan makanan ini sering disajikan juga untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Tapi, seperti bihun dan soun, misoa juga bisa dimasak dengan cara direndam air panas. Lalu, bahan yang mana yang akan Anda gunakan untuk sajian berkuah Anda berikutnya? Yang perlu diingat adalah ketiga bahan ini tidak memerlukan waktu masak yang lama . Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kuah kaldu yang disajikan bersama bahan-bahan ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar