Selasa, 12 Agustus 2014

Ragam Jenis & Kegunaan Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan kue dan pastry. Bubuk halus yang berasal dari bulir gandum dan digunakan sebagai bahan dasar kue, mie dan roti ini berperan dalam menentukan kekenyalan makanan yang dibuat dengan tepung terigu.
Bagi Anda yang berencana membuat kue, roti atau pastry untuk snack atau hidangan penutup, tepung teriguadalah salah satu bahan yang wajib dimiliki. Memilih tepung terigu yang berkualitas akan sedikit banyak mempengaruhi hasil akhir kue atau pastry Anda.

Nah, tahukah Anda kalau tepung terigu tidak hanya bisa digunakan dalam pembuatan kue atau pastry, tapi juga untuk memproduksi berbagai makanan jenis lain? Tepung terigu ternyata memiliki banyak jenis dan bisa digunakan untuk membuat isi dan kulit makanan. Apa saja jenis-jenis tepung terigu tersebut? Ayo cari tahu di sini!

·      Tepung untuk Daging Tiruan (Gluten)
Jenis tepung terigu yang paling cocok untuk membuat gluten adalah tepung terigu protein tinggi karena akan menghasilkan banyak gluten. Pati hasil cucian gluten bila disaring lagi akan menghasilkan tepung tang mien. Tepung ini biasa dipakai untuk pembuatan dumpling, hakao, dan campuran untuk membuat ba-pao.
      
·      Kulit Martabak Telur 
  Membuat kulit martabak telur harus menggunakan tepung terigu berprotein tinggi karena hanya tepung terigu protein tinggi yang mampu menipiskan kulit martabak telur sampai berbentuk selaput. Jika menggunakan tepung protein rendah maka selaput tipis tersebut akan mudah robek.

·      Kulit Pangsit 
  Tepung terigu yang tepat untuk pembuatan pangsit goreng adalah tepung terigu protein sedang supaya hasilnya lebih renyah dan lembut. Sedangkan untuk membuat pangsit rebus sebaiknya menggunakantepung terigu protein tinggi .Menggunakan tepung terigu protein rendah mengakibatkan pangsit goreng menjadi lebih berminyak dan pangsit rebus menjadi mudah hancur.

·      Martabak Manis 
  Martabak manis memerlukan terigu dengan protein 11,5%. Tepung yang cocok adalah terigu protein sedang.  
 
·      Ba-Pao 
  Tepung terigu yang paling bagus untuk membuat ba-pao adalah tepung terigu protein rendah karena kadar abunya rendah sehingga ba-pao yang dihasilkan warnanya putih dan lembut.  
 
 Setelah mengetahui macam-macam jenis dan kegunaan tepung terigu, sekarang saatnya Anda berkreasi dengan bahan ini. Salah satu hal penting yang perlu diingat dalam memilih tepung terigu adalah memilih yang tidak berbau apek. Setelah dipakai, tepung terigu juga harus disimpan di dalam lemari es atau di tempat yang tidak lembab dan memilik sirkulasi udara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar