Selasa, 12 Agustus 2014

Tips Memilih Bahan Makanan Untuk Jajanan Pasar

1.      Daun Pandan
Daun pandan biasa digunakan sebagai pewarna dan penambah aroma harum pada jajanan pasar. Cara menyiapkan daun pandan yang paling umum adalah merebusnya dengan sedikit air di panci hingga mendidih, kemudian memeras dan menyaring sari berwarna hijau yang keluar dari daunnya. Sari ini sendiri tidak pahit seperti kebanyakan perasan rebusan daun, Fans Boga! Justru sebaliknya, rasanya manis dan berhasil mengeluarkan aroma yang menggugah selera ketika diolah dengan cara dikukus atau direbus.

2.      Santan Kelapa / Kelapa Parut
Santan kelapa dikenal karena memberi rasa gurih pada jajanan yang dibuat. Untuk membuat santan, daging kelapa tua yang sudah diparut dicampur dengan sedikit air lalu diperas sarinya. Kemudian sari ini direbus dan setelah matang barulah bisa disebut santan. Sisa parutan kelapa biasanya disangrai hingga kering dan dicampur dengan gula untuk digunakan sebagai taburan kue.

3.      Tepung Terigu
Bahan ini biasa digunakan sebagai adonan kue basah yang diolah dengan cara dipanggang. Kandungan gluten di dalam tepung terigu bereaksi baik dengan ragi dan panas api sehingga kue yang dibuat dengan tepung terigu akan mengembang dan menjadi empuk.

Gluten adalah kandungan protein yang ada pada biji gandum dan tidak mudah larut dalam air. Inilah yang menyebabkan adanya elastisitas pada produk akhir. Dan itu sudah akan terasa saat masih menjadi adonan. Padi dan gandum hampir sama, yang membedakan hanyalah gandum memiliki gluten.

Selain itu, tepung terigu juga digunakan sebagai adonan pelapis hidangan yang digoreng untuk menghasilkan lapisan luar hidangan yang renyah dan gurih. Konon, sifat fleksibel tepung terigu yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan adalah alasan utama mengapa bahan ini dapat berpadu baik dengan cita rasa kuliner Indonesia.


4.      Gula Merah
Gula Merah dibuat dari sari pohon aren yang direbus hingga kental dan berwarna cokelat kemudian dicetak hingga mengeras. Cara persiapan gula merah yang paling umum adalah dengan memecah batangan gula dan melarutkannya dengan sedikit air di dalam panci. Karena berasal dari sejenis pohon kelapa, gula merah pun mempunyai cita rasa gurih yang khas. Pada jajanan pasar Indonesia, gula merah biasanya dicampur dengan kelapa parut sebagai bahan isian kue. Selain itu, gula ini juga biasa dibuat menjadi saus pelengkap berbagai kue seperti lupis ataupun serabi.

setelah mengenal bahan-bahan umum pada jajanan pasar Indonesia ini, lihat juga yuk beberapa tips mengolahnya:


1.   Sebelum menggunakan tepung terigu, sebaiknya terlebih dahulu periksa tanggal kadaluarsanya. Ketika terigu sudah berbau tidak sedap dan menggumpal, berarti terigu sudah tidak layak untuk digunakan.

2.     Gunakan api kecil saat merebus santan. Daun pandan juga bisa ditambahkan saat merebus santan agar aromanya menjadi lebih harum.

3.     Adonan kue basah akan mendapat hasil yang maksimal jika diolah menggunakan tangan. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya gumpalan terigu pada adonan sehingga adonan menjadi lembut dan tercampur rata.

4.     Jika menggunakan gula merah cair, sebaiknya disaring terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Hal ini dilakukan agar gula yang digunakan nanti bisa bebas dari ampas atau kotoran yang menempel pada batangan gula merah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar