Selasa, 30 Desember 2014

Tips Membuat Karamel

Karamel sangat enak dijadikan hiasan kue atau topping waffle dan es krim. Namun, seringkali karamel rasanya pahit. Bagaimana cara membuat karamel yang praktis dan tidak pahit?

thumbnail


Membuat karamel memang susah-susah gampang. Meskipun bahan utamanya hanya gula pasir tetapi jika pemasakannya terlalu lama akan menyebabkan rasa pahit.

Jika ingin membuat yang praktis, siapkan 200 g gula pasir halus, 3 sdm air dan 1 sdm air jeruk lemon. Taruh semua bahan dalam panci stainless steel lalu masak di atas pai kecil.

Jangan lupa olesi keliling bagian dalam panci dekat dengan gula yang sedang dimasak, dengan kuas yang sudah dicelupkan dalam air. Ini untuk mencegah terbantuknya gula gosong di sekeliling panci.

Masak hingga mendidih dan amati perubahan warna pada rebusan gula ini. Jika warnanya sudah cokelat muda terang. Matikan api dan angkat panci. Aduk-aduk terus hingga cairan berwarna cokelat keemasan. Warna ini menunjukkan karamel dengan tingkat kemasakan medium dengan rasa manis dan aroma wangi gula.

Jika dibiarkan di atas api 1 menit saja warnanya akan menjadi lebh gelap dan rasanya agak pahit serta mudah menjadi keras atau beku saat dingin.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar