Rabu, 14 Januari 2015

Ragam Jenis Kurma (Dates)

Ada lebih dari 500 jenis palem kurma di dunia. Berikut sepuluh jenis populer di pasar dunia dan  Indonesia. ini beberapa jenis kurma yang sering di konsumsi.

1. Ajwa


Banyak dijumpai di Madinah, Arab Saudi. Kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW ini merupakan jenis paling popular dan paling mahal harganya. Konon makan tujuh butir ajwa tiap pagi dapat menangkal racun.

2. Amer Hajj


Umum tumbuh di Irak, jenis ini juga biasa disebut  kurma amir haji. Kulit  dan daging  buahnya sangat lembut serta tebal. Biasa disajikan saat-saat menyambut tamu.

3. Deglet Noor 


Berarti cahaya. Penamaannya diambil dari kulit buah warna kuning keemasan, menyerupai cahaya matahari. Varietas unggul dan populer di Aljazair, Tunisia, Libya, bahkan Amerika Serikat. Bagi yang tak suka manis, kurma jenis ini bisa jadi pilihan, karena rasanya tak terlalu manis dan dagingnya tak terlalu keras.

4. Holwah atau Halawi 


Bila sekali waktu Anda menemukan kurma yang rasanya amat manis, bukan tidak mungkin Anda tengah berhadapan dengan holwah, yang sebagai kata memang mengandung arti amat manis. Di Indonesia, termasuk jenis kurma pertama yang masuk pasaran Indonesia. Dalam jumlah banyak, biasa diimpor dalam kemasan blek atau wadah berbentuk kubus terbuat dari lembar seng. 

5. Mozafati


Banyak tumbuh di Mozafati, Mesir. Berukuran sedang dengan warna gelap, tekstur dagingnya lembut. Jenis ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga 2 tahun bila disimpan di suhu minus 5o C. 

6. Saidy

Tekstur dan bentuk buahnya hampir sama dengan kurma sekkeri. Hanya, saidy tampil cenderung kuning kehijau-hijauan. Berdaging buah sangat lembut dan manis rasanya, saidy merupakan kurma populer di Libya.

7. Sekkeri


Berbentuk bulat, sedikit lebih besar dari umumnya ajwa. Berwarna cokelat dengan kulit buah keriput kekuning-kuningan. Rasanya manis, agak bertepung saat dikunyah lidah. Harganya relatif lebih mahal dari jenis lain selain ajwa.

8. Thoory


Di pasaran Indonesia ia populer sebagai kurma thuri. Buah-buahnya yang masah amat kering, hingga tahan lama. Kulitnya cenderung keras, dan cenderung susah lumat saat dikunyah. Dagingnya manis, agak mirip kacang. 

9. Umelkhashab


Sama seperti madu, tak semua kurma manis rasanya. Dalam kombinasi rasa manis, ada juga kurma yang agak pahit, semisal umelkhashab. Kurma dengan rasa unik berkulit kemerah-merahan ini berasal dari Arab Saudi.

10. Zaghloul

Memiliki bentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah beberapa saat kita mengunyah dan menelannya. Kurma ini termasuk varietas kurma eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Hanya orang-orang tertentu saja yang  biasa mengonsumsinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar