Selasa, 06 Desember 2016

Mengenal Smoothies



     
Hasil gambar untuk smoothies
Minuman ini begitu popular dan menjadi pihan bagi yang sedang berdiet hingga anak anak. Selain gampang bikinnya, smoothies juga kaya nutrisi. Apa kelebihannya?
Smoothies adalah minuman kental yang terbuat dari buah yang dicapur dengan sayuran dan beberapa bahan lain. Bahan lain yang ditambahkan misalnya air, es serut, jus buah, pemanis (madu, sirup maple), produk susu (susu,yoghurt, keju rendah lemak), kacang – kacangan (almond, kenari, kacang tanah, kacang mede, macadamia), selain kacang, biji – bijian, teh, coklelat,suplemen herbal, atau suplemen gizi. Berangkat dari bahan yang digunakan, munculah beragam jenis smoothies, misalnya smoothies untuk mendetoks racun tubuh, untuk sarapan, untuk menjaga mood, untuk penambah energi dan lain lain.

Smoothies VS Jus Buah
 Hasil gambar untuk smothies vs jus buah
Baik smoothies maupun jus buah memiliki kesamaan diproses pembuatannya yaitu dengan cara dihancurkan (diblender) hingga lembut. Meski begitu, tetap saja ada perbedaanya. Berikut diantaranya:
·         Smoothies termasuk makanan tinggi serat, teksturnya lebih kental dari jus buah. Jus buah hanya diambil disarinya dan disaring, smoothies menyertakan seluruh serat makanan. Tak heran jika smoothies lebih menyehatkan.
·         Konsumsi smoothies dan jus sama – sama menyenangkan karena anda tidak perlu mengunyah. Meski tidak dikunyah, serat dalam smoothies memberi efek kenyang. Sehingga dapat menghambat keinginan ngemil. Jus buah lebih sebagai penghilang dahaga, karena komposisinya lebih banyak cairan.
·         Smoothies tidak perlu disaring, jadi semua nutrisinya terkonsumsi. Sebagian besar jus buah disaring sehingga kehilangan banyak serat. Jus buah lebih banyak menyumbang vitamin, kalori dan air.
·         Bahan untuk smoothies sangat bisa divariasikan, terutama untuk jenis detoks smoothies dan smoothies penambah energi. Sementara jus buah sangat terpatas padu padannya. Karena tidak semua jenis buah cocok dikombinasikan.
·         Jus buah sering ditambah pemanis (gula,sirup). Rasa manis smoothies murni dari bahan yang digunakan. Jika ditambah pemanis biasanya adalah madu dan dalam jumlah sedikit.
·         Cairan untuk smoothies terutama smoothies detoks adalah sparkling water, jus buah segar atau air mineral. Untuk jus buah anda bisa menambah beragam cairan, termasuk soda sekalipun.


Smoothies Sempurna
 Hasil gambar untuk smothies vs jus buah
Apakah anda sudah pernah membuat smoothies? Jika belum pernah dan ingin mencobanya, cermati langkah pembuatannya berikut ini:

Langkah 1: Tentukan Pilihan Smoothies
Tentukan jenis smoothies yang ingin dibuat berdasarkan tujuan anda. Apakah diet, menurunkan berat badan, atau membutuhkan makanan pengganti? Dari resep ini, anda mulai bisa membuat daftar belanja bahan yang dibutuhkan.

Langkah 2: Bahan Cair
Tidak seperti membuat jus yang dengan mudah bisa memasukan jenis cairan. Untuk smoothies sebaiknya pilih sparkling water (air yang dimurnikan), susu almond, santan, susu mentah, suus kedelai, jus buah segar peras, teh, yoghurt tawar.

Langkah 3: Buah Bertekstur Creamy
Sebagai bahan utama, pilih buat bertekstur lembuh, creamy dan tidak terlalu tinggi kandungan airnya. Buah tinggi air seperti jeruk, nanas, semangka dan melon tidak cocok untuk smoothies, karena membuat teksturnya cair. Pilih alpukat, mangga, daging kelapa muda, peach, stroberi, bluberi, pir, apel, kiwi, dan plum.

Langkah 4: Bahan Tambahan
Pilih buah beku dan sayuran hijau (bayam, kangkung, bit hijau, dandelion hijau, arugula, brokoli, selada) untuk campuran. Buah beku mempercepat proses pengentalan smoothies, sekaligus membuat teksturnya lebih lembut. Sayuran hijau menambah serat sekaligus memberi rasa gurih smoothies. Bahan pengental yang bisa ditambahkan misalnya es serut, biji chia, selai kacang dan yoghurt.

Langkah 5: Rempah Penguat Rasa
Pada dasarnya semua smoothies tidak memerlukan tambahan pemanis atau penguat rasa. Jadi jumlah bahan penguat rasa hanya sedikit sekali dibutuhkan. Untuk pemanis  pilih madu atau sirup maple. Bahan penguat rasa yang baik ditambahkan justru garam dapur, susu kedelai, bubuk pala, kayu manis, kunyit, jahe, kapulaga, pekak dan beragam rempah bubuk.

Langkah 6: Proses
Setelah semua bahan terkumpul, mulailah menghancurkan. Cukup proses bahan selama 30 sampai 60 detik tergantung bahan.

Dikutip dari Tabloid Nyata III April 2016
gambar ilustrasi by google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar