Senin, 24 November 2014

Ragam Jenis Beras

Beras arborio

Jenis bulir pendek dari tanah Italia dan dibanding beras putih kita, warna arborio lebih seperti susu. Arborio sebenarnya nama kota di wilayah Val Padana (utara Italia), dimana beras ini mulanya dikembangkan. Kini Kalifornia dan Texas juga mengembangkannya. 
Walau mampu menyerap banyak air, beras tidak berubah hancur ketika dimasak lama. Teksturnya justru creamy dan nyaris chewy. 

Beras Basmati

Jenis bulir panjang dan uniknya, beraroma mirip pandan. Tumbuh di India dan Pakistan. Karena sulit dikembangkan, di luar negeri (terutama Inggris) banyak dijual oplosan yang merupakan basmati dan beras bulir panjang jenis lain, namun tertera ‘beras basmati’. Kini, negeri asalnya memang sedang mengalami kesulitan ekspor, dikarenakan harga basamti yang melonjak. 

Kala matang, teksturnya relatif saling memisah (walau bukan pera), disebabkan oleh kandungan amilosa tinggi. Bulirnya pun bertambah panjang, hampir 3 kali panjang semula. 

Beras Jasmine


Jenis bulir panjang asli Thailand. Sesekali tertera ‘Thai Fragrant Rice’ di bungkusnya. Grade terbaiknya bernama khao hom mali. Versi beras hitamnya juga ada. Kambodia juga mengembangkan beras jasmine, dan bahkan memenangi kompetisi beras tingkat internasional Rice Trader World Rice Conference 2012 di Bali, terutama berkat aroma dan rasa. Saat matang, berasnya relatif pulen tapi tidak terlalu lengket dan memiliki wangi melati yang samar.  

Beras Bomba


Tiada paella tanpa kehadiran beras bomba. Inilah beras jenis bulir pendek kesayangan rakyat Spanyol, dimana daerah Calasparra menjadi tempat tumbuh terpopulernya. 
Terkenal punya kemampuan tinggi dalam menyerap air tapi teksturnya akan saling memisah. Cocok untuk memasak paella yang membutuhkan banyak kaldu di awalnya. Uniknya, ukurannya melebar kala matang, bukan memanjang. 

Beras Jepang 


Pangan utama di Jepang. Ada dua jenisnya, yakni bulir pendek dan bulir panjang. Kategori umumnya adalah hakumai, yakni beras yang putih karena sudah dibuang lapisan kulit sekamnya. Ada juga genmai, bentuk awal dari hakumai. Kecokelatan karena tidak disosoh. Sementara mochigome adalah beras ketan untuk kue-kue seperti mochi.
Semua jenis ini sangat pulen. Karenanya hakumai cocok dibuat sushi agar gulungannya lengket dan cocok pula dimakan menggunakan sumpit karena tidak akan memisah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar