Sabtu, 15 November 2014

Ragam Jenis Udang (Shrimp)

Jenis udang memang bermacam-macam, apalagi di Indonesia. Hal tersebut seiring dengan kenyataan Indonesia yang terkenal dengan perairannya yang teramat luas. Berikut beberapa jenis udang yang biasanya dijadikan sajian masakan seperti dilansir dalam laman www.femina.co.id yang harus Ladies ketahui.


Udang barong atau udang karang yang biasa disebut lobster. Ukurannya besar, bahkan beratnya bisa mencapai 2 kg. Udang jenis ini memiliki kulit yang keras dan bermacam warna. Misalnya cokelat, cokelat kemerahan, hijau, dan hitam kebiruan, dengan bintik-bintik putih, merah, atau cokelat.
Udang cokong atau udang galah atau yang biasa disebut juga udang tokal. Udang jenis ini termasuk udang sungai atau danau air tawar yang dipasarkan sebagai fresh water shrimp. Warnanya beragam Ladies, ada yang hijau kecokelatan, hijau kebiruan, kuning kecokelatan. Berbercak seperti udang windu, tapi bentuknya lebih bulat.
Udang dogol atau dalam istilah latinnya disebut dengan metapenaeus monoceros. Udang jenis ini memiliki kulit tebal dan kasar. Yang warnanya merah muda agak kekuningan, didagangkan dengan sebutan pink shrimp. Sedangkan udang yang berwarna kuning kehijuan disebut yellow white shrimp.
Udang flower atau dalam istilah latinnya disebut dengan penaeus sp. Udang ini memiliki warna hijau kehitaman dengan garis melintang cokelat, sedangkan kulit dan kakinya agak kemerahan.
Udang bambu yang berkulit kuning berbercak merah seperti bambu dan bernama dagang bamboo shrimp. Karena coraknya yang seperti bamboo, oleh karena itu disebut dengan udang bamboo.
Udang peci Udang jenis ini memiliki warna kulit yang lebih gelap dan berbintik hitam. Akan tetapi, meskipun warnanya gelap, anehnya dalam pasaran internasional udang ini juga disebut dengan white shrimp.
Udang pisang, disebut demikian karena warnanya yang kuning seperti pisang Ladies. Udang ini juga terkenal dengan sebutan banana shrimp.
Udang kucing atau disebut juga dengan cat praw. Ukurannya kecil dan berwarna hijau dengan garis-garis melintang kuning dan putih. Namun, ada juga yang berwarna kuning dengan garis melintang cokelat dan putih.
Udang pancet atau udang windu yang populer disebut tiger shrimp. Kulitnya tebal dan keras, warnanya hijau kebiru-biruan dengan garis melintang agak gelap. Selain itu ada juga yang berwarna kemerah-merahan dengan garis melintang cokelat kemerahan.
Udang sikat atau kipas yang bentuknya mirip lobster tapi ukurannya lebih kecil. Kulitnya berwarna kecokelatan bergaris-garis melintang, lebih lunak serta agak kasar. Nama dagangnya terkenal sebagai baby slipper lobster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar