Jumat, 05 Desember 2014

Tips Merendam (Marinade) Bahan Makanan

marinet
Salah satu cara agar bumbu terasa pada bahan makanan adalah dengan merendamnya ke dalam bumbu. Selain itu, merendam bahan ke dalam bumbu juga membantu mempercepat proses pematangan bahan. Dengan begitu, saat matang hasilnya lebih sedap dan bumbunya lebih terasa. Dalam kuliner, proses perendaman disebut marinate. Waktu perendaman yang dibutuhkan untuk tiap bahan berbeda-beda, bergantung dari jumlah bahan yang akan diolah, besar kecilnya potongan, seberapa bumbu yang dicampurkan, serta jenis masakan yang akan diolah.
Namun, umumnya proses perendaman biasa dilakukan antara 2 jam hingga 24 jam. Umumnya proses perendaman menggunakan bumbu dan rempah. Penggunaan bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, merica, cabai merah, kunyit, ketumbar, dan garam dalam perendaman dapat membuat bahan 10 % matang. Perhatikan beberapa hal berikut ketika merendam bahan dalam bumbu agar hasil matangnya sedap:
1. Saat proses perendaman, jangan biarkan bahan terbuka pada suhu ruangan. Jika terbuka, bakteri akan mencemari bahan. Simpan dalam lemari pendingin (kulkas) pada temperatur di bawah 5 derajat celsius.
2. Tempatkan bahan pada rak paling bawah, sehingga bila ada cairan yang menetes, aromanya tidak mengenai bahan makanan lain.
3. Jika ingin merendam daging, potong daging dalam potongan yang kecil. Potongan kecil memungkinkan bumbu meresap dalam daging secara dengan maksimal.
4. Tempatkan daging dan bahan makanan lain yang akan direndam dalam wadah terpisah dan tertutup. Dengan begitu, aroma dan bumbunya tidak akan merusak bahan lain.
5. Tempat yang paling cocok untuk merendam adalah wadah berbahan plastik atau kantung plastik yang bisa ditutup. Wadah ini membuat rendaman bisa tertutup seluruhnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar